Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Sabet 2 Penghargaan di PRIA Awards 2024

Dalam ajang ini penghargaan yang diraih adalah pada kategori Program Komunikasi CSR Sub Kategori Community Development, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui unit operasinya IT Makassar mengangkat judul yaitu Program Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD) yang menjadi wadah anak-anak tersebut untuk melepaskan diri dari tekanan dan trauma serta menjadi tempat untuk pengembangan diri.

Program ini telah dibina sejak tahun 2018 yang merupakan program pengembangan anak-anak terdampak masalah sosial di sekitar wilyah operasi yaitu kelurahan Pattingaloang Kota Makassar.

Lebih lanjut Fahrougi menuturkan, sejak tahun 2018 hingga 2023 Pertamina secara berkesinambungan mendampingi program ini hingga anak-anak SAPD mampu mengalami peningkatan kepercayaan diri berdasarkan pengukuran angket psikolog.

BACA JUGA  Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) Indonesia Dalam Kondisi Terjaga Selama Triwulan I-2024

Bukan hanya bantuan infrastruktur yang berupa sanggar belajar dan menari, namun Pertamina turut membantu proses pengembangan dan mempromosikan kemampuan menari anak-anak SAPD usia remaja sehingga mereka mampu memperoleh penghasilan sendiri melalui Sanggar Seni yang dikembangkan. Kini mereka berani tampil di event-event dengan bayaran Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta per event.

Berbeda dengan IT Makassar yang mengangkat program sosial, unit operasi FT Parepare mengangkat judul Program Energi Berdikari Bacukiki yang memiliki fokus untuk mengangkat penggunaan energi bersih. Program yang mampu mengubah masalah berupa kotoran sapi menjadi solusi energi bersih biogas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya untuk rumah tangga namun juga UMKM.

BACA JUGA  Kembangkan Ekonomi Syariah, MUI dan OJK Tandatangani Nota Kesepahaman

Melalui program ini pun slurry dari biogas dimanfaatkan kelompok tani untuk membuat pupuk organik dan lebih jauh lagi melalui kegiatan yang berbasis waste management ini menciptakan lingkungan yang bersih dengan energi baru terbarukan.

Terakhir Fahrougi menyampaikan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat sekitar, “Kegiatan yang telah kami jalankan merupakan salah satu program TJSL yang bersinergi dan mendukung program Pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dengan raihan ini menambah semangat dan menjadi inspirasi bagi kami untuk menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan memberikan multiplier effect bagi masyarakat”, pungkasnya**(Silvana)

Lihat Semua

«1 2

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua