Penyebab dan Solusi Mata Ngantuk tetapi Tidak Bisa Tidur

Keterangan Foto: Penyebab dan Solusi Mata Ngantuk tetapi Tidak Bisa Tidur

Smartcitymakassar.com – Makassar. Banyak orang mengalami kondisi di mana mata terasa sangat mengantuk, tetapi sulit untuk tertidur.

Fenomena ini dikenal sebagai insomnia atau sulit tidur, yang dapat berdampak negatif pada kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan.

Mengetahui penyebab dan solusinya adalah langkah penting untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Mata Mengantuk tetapi Tidak Bisa Tidur

  1. Stres dan Kecemasan: Pikiran yang penuh dengan stres dan kecemasan bisa membuat otak tetap aktif meskipun tubuh merasa lelah. Hal ini mengganggu kemampuan untuk rileks dan tertidur.
  2. Gangguan Ritme Sirkadian: Ritme sirkadian adalah jam biologis tubuh yang mengatur siklus tidur-bangun. Gangguan pada ritme ini, seperti akibat jet lag atau kerja shift, dapat menyebabkan sulit tidur meskipun merasa mengantuk.
  3. Kafein dan Stimulan Lainnya: Konsumsi kafein, nikotin, atau minuman berenergi dekat waktu tidur dapat merangsang sistem saraf dan mencegah tidur.
  4. Lingkungan Tidur yang Tidak Nyaman: Lingkungan yang terlalu berisik, terlalu terang, atau suhu yang tidak nyaman dapat mengganggu kemampuan untuk tertidur.
  5. Penggunaan Gadget Sebelum Tidur: Paparan cahaya biru dari layar ponsel, tablet, atau komputer dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.
  6. Kebiasaan Tidur yang Tidak Teratur: Pola tidur yang tidak konsisten, seperti tidur dan bangun pada waktu yang berbeda setiap hari, dapat mengganggu ritme tidur alami.
BACA JUGA  Home Care Dottoro ta' Melayani 2.535 Warga Makassar di Semester Pertama 2024

Lihat Semua

1 2»

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua