Kenali Ciri-Ciri Penyakit Faringitis

Keterangan Foto: Kenali Ciri-Ciri Penyakit Faringitis

Smartcitymakassar.com – Makassar. Faringitis atau yang lebih dikenal sebagai radang tenggorokan, adalah kondisi umum yang dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Faringitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyerang faring, yaitu bagian belakang tenggorokan.

Mengetahui ciri-ciri penyakit faringitis sangat penting untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi.

Ciri-Ciri Penyakit Faringitis

  1. Sakit Tenggorokan: Gejala paling umum dari faringitis adalah rasa sakit atau perih di tenggorokan. Rasa sakit ini seringkali lebih parah saat menelan makanan atau minuman.
  2. Tenggorokan Merah dan Bengkak: Pemeriksaan visual sering menunjukkan tenggorokan yang tampak merah dan bengkak. Kadang-kadang, ada bercak putih atau nanah di amandel.
  3. Demam: Banyak penderita faringitis mengalami demam, yang bisa berkisar dari ringan hingga tinggi, tergantung pada penyebab infeksinya.
  4. Batuk dan Bersin: Faringitis yang disebabkan oleh virus sering disertai dengan batuk dan bersin, mirip dengan gejala flu biasa.
  5. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening: Kelenjar getah bening di leher bisa membengkak dan terasa nyeri saat disentuh.
  6. Suara Serak: Peradangan di faring bisa menyebabkan suara menjadi serak atau hilang sementara.
  7. Sakit Kepala dan Nyeri Otot: Beberapa orang juga mengalami sakit kepala dan nyeri otot, terutama jika faringitis disebabkan oleh infeksi virus.
  8. Kelelahan: Penderita sering merasa lelah dan kurang berenergi, akibat dari tubuh yang bekerja keras melawan infeksi.
BACA JUGA  Kepala Dinas Kesehatan Makassar Jadi Pembicara di Kegiatan BPJS Kesehatan di Bali

Lihat Semua

1 2»

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua