Tahun 2024 Unhas Raih Peringkat 3 Nasional Pendanaan  PKM Terbanyak

Keterangan Foto: Tahun 2024 Unhas Raih Peringkat 3 Nasional Pendanaan  PKM Terbanyak

Smartcitymakassar.com – Makassar. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) baru saja merilis pengumuman pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tanggal 19 April malam. Tahun ini ada 3.520 berhasil lolos pendanaan yang berasal dari 459 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Dari ratusan perguruan tinggi tersebut, Unhas berhasil menempati peringkat ketiga sebagai perguruan tinggi dengan jumlah proposal terbanyak lolos pendanaan. Lima besar perguruan tinggi terbanyak didanai berturut turut adalah UGM, ITS, Unhas, IPB, Unair.

Dari 135 proposal tersebut, yang mendapat pendanaan adalah PKM Riset Eksakta sebanyak 46 proposal, PKM Riset Sosial Humaniora 41 proposal, PKM Kewirausahaan 17 proposal, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 26 proposal, PKM Penerapan Iptek 3 proposal, PKM Karsa Cipta 2 proposal, dan PKM Karya Inovatif 1 proposal.

BACA JUGA  Dalam Rangka Penguatan Tugas dan Pendampingan Pelaksanaan Manajemen Risiko, BPKP Sulsel Sambangi Pemkot Makassar

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg. Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K) mengatakan, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah proposal yang didanai Belmawa tahun ini berkurang cukup signifikan. Tahun 2023, jumlah proposal didanai sebanyak 5.102, sementara tahun ini hanya 3.520 proposal, ini berarti terjadi penurunan 1582 proposal.

BACA JUGA  Tertarik dengan Inovasi CCTV Lorong, Kadiskominfosantik Palu Kunjungi Diskominfo Makassar

“Namun demikian, tim Unhas berhasil meloloskan 135 proposal, sama persis dengan jumlah yang lolos tahun sebelumnya. Ini berarti berbagai upaya yang dilakukan baik melalui dukungan kebijakan, pendanaan, maupun teknis memberikan dampak positif bagi prestasi mahasiswa Unhas,” ujarnya.

Dari sejumlah kompetisi yang dikelola oleh Belmawa maupun Pusat Prestasi Nasional, PKM yang nantinya bermuara pada PIMNAS merupakan kompetisi paling bergengsi. Kompetisi ini menjadi arena untuk mengevaluasi efektivitas pembinaan di kampus.

Lihat Semua

1 2»

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua