Tim Pengabdian Manajemen FEB UNM beri Pelatihan Manajerial bagi UMKM di Kelurahan Limbung

Tim Pengabdian Manajemen FEB UBM tengah memberikan materi terkait PkM (WDN)

Smartcitymakassar.com – Gowa. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar (FEB UNM) mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kelurahan Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, Sabtu (2/9/2023).

Acara ini dihadiri oleh para pengusaha UMKM yang tersebar di Kelurahan Limbung dan sekitarnya. Pembukaan dimulai dengan sambutan oleh Ketua Prodi Manajemen FEB UNM, Dr. Agung Widhi Kurniawan, ST., M.M.. Disusul sambutan oleh Kepala Kantor Kelurahan Limbung Lisan Shidqi, S.STP, M.M.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Rahmat Riwayat Abadi, S.E., M.M. Yayat, panggilan akrabnya, memaparkan strategi peningkatan kualitas produk dan manajemen UMKM khususnya pada kelompok usaha batu bata di Kelurahan Limbung. Materi ke dua dibawakan oleh Nurul Fadilah Aswar, S.E., M.M. tentang pemanfaatan sistem informasi akuntansi berbasis digital mobile.

BACA JUGA  ITB Nobel Alauddin Gagas Pengembangan Kerja Sama ke Pemkot Makassar
Salah seorang anggota tim PkM FEB UNM, Nurul Fadilah Aswar, S.E., M.Si., memaparkan materi tentang sistem informasi akuntansi (WDN)

Pemateri ke tiga, Rezky Amalia Hamka, S.E., M.M. memberikan pelatihan tentang langkah-langkah jitu untuk mengelola, merumuskan strategi, memberikan tips dan trik dalam meningkatkan skill dan kemampuan para pelaku UMKM dalam mengelola media sosial bisnisnya. Kemudian, Tenri Sayu Puspitaningsih Dipoatmodjo, S.E., M.M. dan Nurhaedah, S.E., M.Si. mengadakan simulasi menggunakan alat peraga untuk mengetahui kekuatan – kelemahan – peluang – ancaman para pelaku UMKM sebagai keputusan strategis pengembangan usahanya.

Peserta tampak beberapa kali terlibat interaksi dengan pemateri untuk mengajukan pertanyaan. Didalam pengabdian kali ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengembangan SDM pada para pelaku UMKM di Kelurahan Limbung mengenai pentingnya pengelolaan media sosial bisnis dalam meningkatkan income, mengatur keuangan usaha, dan menyusun strategi pengembangan SDM dan usahanya.

BACA JUGA  Pertamina Patra Niaga Sulawesi Sigap Salurkan Bantuan untuk Korban Terdampak Bencana Longsor Toraja
Ketua Program Studi Manajemen FEB UNM, Dr. Agung Widhi Kurniawan, S.T., M.M. (kanan) bersalaman dengan Kepala Kantor Kelurahan Limbung Lisan Shidqi, S.STP, M.M., didampingi oleh Guru Besar Program Studi Manajemen FEB UNM, Prof. Dr. Romansyah Sahabuddin, S.E., M.Si.

Agung sebagai Ketua Tim Pengabdi dan pelaku UMKM di Kelurahan Limbung, Lisan Shidqi, sama-sama mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pelaku UMKM di Kelurahan Limbung dapat memperoleh tambahan ilmu dan keterampilan melalui kerja sama pengabdian yang nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga Kelurahan Limbung. (AWK)

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua