Terus Berinovasi, Kolaborasi STIEM Bongaya dan TDA Community Bali Gelar Talkshow Nasional di Pulau Dewata

Para pantia pelaksana, dosen, TDA community Bali, serta peserta Talkshow Nasional UMKM Bangkit (Widhi)

Smartcitymakassar.com – Denpasar. Dalam upaya melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi (Penelitian, Pengabdian, dan Pengajaran), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya (STIEM Bongaya) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tahun 2023,  berkolaborasi dengan komunitas Tangan di Atas (TDA Community) wilayah Bali, menghelat Talkshow Nasional dengan tema “UMKM Bangkit”. Kegiatan ini digelar di Meetings Room, Wistara Family Cafe, Jalan Mahendratta, No. 9, Denpasar, Bali.

Mewakili Ketua STIEM Bongaya, kegiatan ini dibuka oleh Mansyur Mus, S.E., M.M., yang juga merupakan Kepala Unit Humas dan Kerja Sama STIEM Bongaya. Beliau menyampaikan pidato sambutannya serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk para dosen lingkup STIEM Bongaya serta panitia pelaksana PKM, yang telah bekerja keras hingga acara ini sukses dihelat.

“Mewakili Ketua STIEM Bongaya, Prof. Dr. Hj. Jannati Tangngisalu, S.E., M.Si., saya mengucapkan selamat datang di kegiatan PKM Talkshow Nasional ini. Ucapan terima kasih dan apresiasi pun saya tujukan kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga kegiatan ini sukses terlaksana. Semoga ilmu dan pengetahuan yang kita peroleh di sini, dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya dalam rangka mendukung kesuksesan UMKM Indonesia,” ucap Mansyur.

BACA JUGA  Seminar Nasional UKI Paulus Makassar, Danny Pomanto: Raih Peluang Bisnis di Era Digital Melalui Ide Pembeda dan Unik

Sementara, Ketua TDA Bali, Lidya Lavigne, pun ikut memberikan pidato sambutan kepada para peserta Talkshow Nasional tersebut.

“Selaku Ketua TDA Bali, izinkan saya mewakili TDA Bali untuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada STIEM Bongaya atas gelaran PKM ini. Kami sangat bangga dan bahagia atas peran serta yang maksimal dari STIEM Bongaya dalam upaya meningkatkan kinerja serta motivasi bagi para pelaku UMKM lingkup Bali dengan menyajikan beberapa pemateri yang memang memiliki wawasan serta spesialisasi terkait konteks kewirausahaan,” tutur Lidya.

Kegiatan ini menampilkan orang 3 orang narasumber serta seorang narahubung dan juga seorang pemandu acara. Narasumber antara lain, Dr. Yusriadi Hala, S.E., M.Si., CPAFS, Dr. Fikry Sukarno, SE, MM., kedua pemateri ini merupakan dosen dari STIEM Bongaya. Pemateri lainnya yakni Anton Kurniawan, S.Sos., selaku perwakilan TDA Bali serta pelaku UMKM Bali. Adapun narahubung dalam sharing session yaitu Dr. Dahniyar Daud, S.E., M.Ak. serta Sufiati, S.E., M.Si., Ak., CA. sebagai pemandu acara.

BACA JUGA  KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama UNHAS
Para pemateri dan narahubung Talkshow Nasional kolaborasi STIEM Bongaya dan TDA Bali (Widhi)

Kemudian, sebanyak 15 orang peserta Talkshow Nasional tersebut, yang ke semuanya adalah para pelaku UMKM, menghadiri kegiatan ini, menunjukkan respon yang antusias serta perhatian penuh ketika sharing session berlangsung. Pada sesi tanya jawab, misalnya, ramai peserta bertanya kepada para pemateri terkait beragam masalah sekitaran dunia kewirausahaan. Sebagi contoh, pertanyaan seputar tata kelola keuangan, strategi pemasaran, hingga solusi dalam upaya peningkatan kinerja karyawan.

Rangkaian acara dalam kegiatan ini pun ditutup dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara STIEM Bongaya dan TDA Community Bali, serta santap siang bersama. (**)

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua