Gandeng AKPI, Fakultas Hukum Unhas Gelar Seminar Nasional Bahas Mekanisme PKPU Sebagai Solusi Dunia Usaha Pascapandemi

Keterangan Foto: Gandeng AKPI, Fakultas Hukum Unhas Gelar Seminar Nasional Bahas Mekanisme PKPU Sebagai Solusi Dunia Usaha Pascapandemi

Smartcitymakassar.com – Makassar. Fakultas Hukum bekerja sama dengan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peluang dan Tantangan Corporate Rescue Dalam Fase Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi” pada hari Rabu, tanggal 24 Mei 2023, bertempat di Aula Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H.

Hadir dalam kegiatan Seminar Nasional adalah para pakar di bidangnya yaitu Imran Nating, SH., MH, Jamaslin James Purba, S.H., M.H, Firdaus Deppu, S.E, dan Dr. Mohammad Aswan Rauf, S.H., M.Kn dalam kegiatan Seminar Nasional tersebut.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim S.H., M.H., M.A.P. dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalis FH Unhas yang ke-71.

BACA JUGA  Dies Natalis Fakultas Hukum Unhas, Danny Pomanto Ajak Alumni Majukan Pemerintahan melalui Produk Hukum

“Kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan hari adalah salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-71 FH Unhas. Diharapkan bisa memberikan manfaat dan pengetahuan kepada masyarakat khususnya mahasiswa FH Unhas. Selain itu, hadirnya pemateri yang sangat luar biasa juga diharapkan bisa memotivasi mahasiswa dalam menatap karir di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Seminar Nasional dimoderatori oleh Dr. Resha Agriansyah, S.H., M.H (Wakil Sekjen AKPI). Imran Nating, SH., MH (Ketua Umum AKPI) dalam Keynote Speechnya menguraikan bahwa Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kegiatan usaha. Salah satu dampaknya dapat terlihat dari peningkatan permohonan PKPU/Pailit yang jumlahnya sangat signifikan sepanjang sejarah Indonesia.

BACA JUGA  Ajang PSBM XXIV, Danny Pomanto: Makassar Penyanggah Perekonomian Sulsel dan IKN

UU Nomor 37 Tahun 2004 menganut asas keseimbangan, kelangsungan usaha, keadilan, dan Integrasi. Dengan Asas kelangsungan usaha, perusahaan debitor yang masih memiliki potensial atau prospek yang baik tetap dapat dipertahankan kegiatan bisnisnya, sekalipun dalam kondisi PKPU atau Pailit. Konsep Corporate Rescue yang dianut dalam UU Nomor 37 Tahun 2004 adalah Restrukturisasi Utang (Pasal 265 & Pasal 144) dan Restrukturisasi Perusahaan.

Lihat Semua

1 2»

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua