Tokopedia dan Ahli Dermatology Bagikan Tips Kulit Sehat Saat Puasa

Keterangan: Tokopedia menghadirkan fitur Beauty Catalog untuk memudahkan masyarakat menemukan berbagai jenis produk kecantikan dan perawatan diri termasuk dari pegiat usaha lokal agar tetap segar dan sehat tak terkecuali saat Ramadan / (Foto: Tokopedia)

SmartcityMakassar.com. JAKARTA. – Kebutuhan merawat kulit saat puasa turut mendorong transaksi produk kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia. Associate Vice President of FMCG Tokopedia Marina Anggraini mengatakan, “Menurut temuan Tokopedia, terjadi kenaikan transaksi rata-rata sekitar 1,5x lipat pada kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh selama periode bulan Ramadan 2022.”

Pada Ramadan 2022 lalu, rute pengiriman dari Kota Medan ke Kota Jayapura tercatat sebagai pengiriman terjauh kategori kecantikan. Sedangkan, pengiriman terjauh kategori perawatan tubuh terjadi dari Kota Batam ke Kota Jayapura.

Tren Transaksi Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh Jelang Ramadan 2023
Temuan data internal Tokopedia lainnya menunjukkan bahwa produk Perawatan Wajah, Lip Color & Lip Care, Makeup Wajah, dan Makeup Mata tercatat sebagai produk kategori kecantikan paling populer pada periode jelang Ramadan 2023. Masih pada periode yang sama pula, produk Perlengkapan Mandi, Grooming, Parfum, Cologne & Fragrance, dan Perawatan Rambut menjadi paling diminati pada kategori perawatan tubuh.

Melihat pertumbuhan transaksi kategori kecantikan dan perawatan tubuh, dan guna memenuhi kebutuhan masyarakat, Tokopedia menghadirkan fitur Beauty Catalog. Fitur ini memudahkan masyarakat menemukan berbagai jenis produk kecantikan dan perawatan diri termasuk dari pegiat usaha lokal, salah satunya lewat Tokopedia Beauty.

“Fitur Beauty Catalogue adalah salah satu upaya Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan harian termasuk produk kecantikan dan perawatan tubuh agar tetap segar dan sehat termasuk selama bulan Ramadan,” ucap Marina.

Marina menambahkan, “melalui fitur Beauty Catalogue ini, masyarakat bisa menemukan berbagai produk terkurasi dan dapat membandingkan berbagai produk dari segi spesifikasi, ulasan dan lainnya yang membantu masyarakat mendapatkan produk sesuai kondisi kulit.”

Keterangan: Perawatan Wajah, Lip Color & Lip Care, Makeup Wajah, dan Makeup Mata tercatat sebagai produk kategori kecantikan paling populer pada periode jelang Ramadan 2023. / (Foto: Tokopedia)

Tips Kulit Sehat Saat Puasa

Berpuasa memiliki berbagai manfaat positif untuk kesehatan. Namun, tanpa hidrasi yang cukup, masalah kulit kering saat puasa mungkin timbul. Maka dari itu, kunci merawat kesehatan kulit saat puasa adalah minum air dan perawatan kulit.

Tokopedia bersama Dermatologist, Dr.dr.Fitria Agustina, SpKK, FINSDV,FAADV, membagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat saat berpuasa.

1. Cukupi kebutuhan air mineral saat sahur dan berbuka. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh menjadi salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan kulit selama berpuasa. Namun, hindari minuman yang mengandung gula tinggi seperti soda. Agar tetap memiliki kulit sehat dan tidak kusam, dr. Fitria membagikan cara memenuhi kebutuhan air saat puasa Ramadan:

  • Sahur (1 gelas saat bangun, 1 gelas setelah makan)
  • Magrib (1 gelas tepat saat azan, 1 gelas sebelum salat, 1 gelas setelah salat)
  • Isya (1 gelas sebelum salat, 1 gelas setelah salat Tarawih, 1 gelas sebelum tidur)

2. Konsumsi makanan sehat. Selama berpuasa, ada baiknya konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi seperti ikan, sayur-sayuran, buah pisang dan beragam buah berry yang sama-sama memiliki kandungan magnesium untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit, serta kalium yang bermanfaat menjaga kelembapan kulit.

“Hindari pula kebiasaan konsumsi gorengan berlebihan, dan merokok yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini,” ucap dr. Fitria.

3. Menjaga kebersihan wajah. Walau lelah setelah pulang tarawih, pastikan selalu cuci wajah minimal dua kali sehari saat bangun dan sebelum tidur. Hal ini perlu dilakukan agar kulit wajah terbebas dari debu dan kuman-kuman yang dapat menyumbat di pori-pori sehingga berpotensi menyebabkan jerawat dan komedo.

Misalnya, menggunakan produk facial cleanser dari Avoskin Gentle Facial Wash Natural Sublime yang merupakan brand kecantikan asal Kabupaten Sleman, kemudian dilanjutkan dengan toner wajah dari Everwhite Acnepair Toner bisa jadi solusi untuk merawat kulit wajah lebih praktis dan aman.

4. Tetap lakukan perawatan kulit harian. Pemakaian sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB matahari yang dapat membuat kulit terlihat kusam.

“Bahkan walau di dalam ruang sekalipun sunscreen tetap dipakai. Karena cahaya alami, blue light, dan infra red yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat meningkatkan melanin, sehingga meningkatkan risiko pigmen kulit lebih gelap,” ucap dr. Fitria.

Misalnya dengan menggunakan produk sunscreen Azarine Ultralight HydraGlow Day Cream asal Kabupaten Sidoarjo, agar dapat melindungi kulit dari sinar matahari sekaligus memiliki antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan untuk menjaga kelembapan kulit, penggunaan krim wajah dari produk lokal Skindoze dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan menenangkan kulit yang kemerahan dan sensitif.

5. Mandi menggunakan air suhu normal. “Penggunaan air hangat saat mandi dapat membuat kulit menjadi kering sehingga usahakan mandi menggunakan air bersuhu normal dapat membantu menjaga kelembapan kulit selama berpuasa,” ujar dr.Fitria.

6. Hindari skin care dengan kandungan alkohol dan parfum yang tinggi. Kandungan Alkohol dalam skincare memang dapat memberikan manfaat. Namun, masyarakat perlu berhati-hati jika memiliki kondisi kulit kering dan sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk skincare yang aman seperti serum wajah dari Elsheskin yang berfungsi untuk melembapkan dan mencerahkan wajah.

7. Istirahat cukup. Istirahat cukup dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan sehat. Selain itu, hal ini juga dapat membantu tubuh menjadi lebih fit dan segar di kemudian hari.

“Puasa dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita, sehingga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit seperti lingkaran hitam pada kantung mata, mata bengkak, dan kulit kusam,” tutup dr.Fitria.** (Rd/PR Tokopedia)

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua