Coretan Redaksi: Tantangan Media Massa yang Berkelanjutan

Smartcitymakassar.comMakassar. DALAM ruang interaksi komunikasi publik, sejak era abad 20 lalu, media menjadi salah satu saluran yang sangat penting untuk sebuah proses dealektika perkembangan masyarakat. Hal ini dikarenakan media mempunyai kekuatan dalam membentuk opini dan mengarahkan masyarakat tentang isu-isu apa yang layak dijadikan diskursus publik.

Dengan demikian, memang dibutuhkan pemahaman lebih jauh terkait bagaimana kerja media dalam memilih dan menentukan topik yang akan diangkat dalam pemberitaan, terutama yang menjadi ‘headline’ suatu media.

Dalam aras tertentu, kerja media sangat dipengaruh oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal kerja media sangat diwarnai oleh hal seperti kebijakan redaksional, ideologi media serta dinamika internal media tersebut. Di sisi ekternal, kerja media tidak bisa dilepaskan dari faktor bisnis yang menjadi napas hidup media tersebut seperti kecenderungan perilaku para pembaca serta ketertarikan pemasang iklan.

Namun dalam ruang dealektika tersebut, sebuah media senantiasa diikat oleh sebentuk aturan yang lazim disebut etika jurnalistik. Aturan inilah yang mengikat serta menjadi koridor para insan media dalam membuat dan mempublikasikan beritanya.

Sejatinya, kerja media dalam tataran ideal adalah kerja yang berdimensi publik. Artinya, publik atau masyarakat adalah bagian yang menjadi faktor penentu hadirnya sebuah media. Dengan kata lain, publik dinilai sebagai tujuan akhir keberadaan media untuk memberi informasi terkait apa, siapa dan bagaimana sebuah peristiwa.

Ini juga digarisbawahi oleh prinsip-prinsip hak publik untuk memperoleh informasi, terutama dari para pengelola negara dan lembaga-lembaga publik lainnya. Tidak mengherankan bila dalam sistem negara yang menganut asaz demokrasi yang berkelanjutan, media kemudian ditempatkan pilar ke empat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Lihat Semua

1 2»

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua