Fakultas Hukum Unhas Gelar Kuliah Umum Hadirkan Pakar dari Vrije Universiteit Amsterdam

Smartcitymakassar.comMakassar. Pancasila merupakan ideologi dasar dalam kehidupan bangsa Indonesia. Bukan hanya sebuah ideologi tetapi, Pancasila merupakan prinsip yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.

Permasalahan besar bangsa Indonesia seperti masalah korupsi hendaknya juga diselesaikan dengan pendekatan Pancasila. Belum lagi masalah Korupsi juga berkaitan dengan pelanggaran HAM. Hubungan antara kedua hal ini pada dasarnya timbul dari level doktrinal bahwa korupsi memiliki impact negative terhadap manusia. Hal ini semakin mengerucut kepada ide bahwa setiap manusia seharusnya berhak bebas dari korupsi.

BACA JUGA  KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama UNHAS

Bahasan tersebut menjadi topik perbincangan dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, yang menghadirkan langsung pakar dari Vrije Universiteit Amsterdam, Dr. Prosper S. Magucu, LL.M.

Pada kuliah umum ini, Dr. Prosper memaparkan presentasinya dengan tema “Localizing The Human Rights-Based Approach to Fight Corruption: The Role of The Pancasila Values”. Prosper mengatakan bahwa ada obligation dari negara yaitu, “Setiap negara, termasuk Indonesia, tentu memiiliki kewajiban untuk menghormati, melindungi dan memenuhi HAM. Jika pelanggaran terhadap HAM karena korupsi dilanggar, maka negara dikatakan gagal dalam memenuhi kewajibannya.” Oleh karena itu, landasan utama yang dapat didorong dalam hal ini adalah peran nilai-nilai Pancasila dalam mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA  Menteri Pertanian Salurkan Hewan Kurban Melalui Lazisnu Makassar

Lihat Semua

1 2»

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua