(VIDEO) Kata Presiden Buat Kepala Daerah Soal Kemiskinan Ekstrem

Ekonomi, Nasional166 Views
Presiden Jokowi

Smartcitymakassar.com – Sentul – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 yang dihadiri oleh 4.545 peserta ini mengusung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”.

Diketahui ada 5 poin penting dalam sambutan Presiden yakni inflasi, kemiskinan ekstrem, stunting, investasi dan stabilitas keamanan menjelang pemilu 2024.

Soal Kemiskinan Ektrem, Presiden RI meminta pemerintah daerah (pemda) untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem hingga mencapai target 0 persen pada tahun 2024 mendatang. Menurutnya, pada tahun 2022, kemiskinan ekstrem di Indonesia masih berada pada angka 2 persen dan 14 provinsi berada di atas angka nasional.

“Yang kedua, yang berkaitan dengan kemiskinan ekstrem. Saya kira data siapa yang miskin ekstrem ini di daerah sudah ada semuanya, dan sampai di desa sudah punya semuanya,” kata Presiden.

BACA JUGA  Era Jokowi dan Menuju Kemajuan Ekonomi dan Pariwisata Sulawesi Utara

Olehnya Presiden meminta Kepala Daerah mengecek hal tersebut.

“Tolong kepala daerah cek ini. Dan, ada 14 provinsi masih di atas nasional, padahal kita tahu target kita di 2024 kemiskinan ekstrem ini harus berada pada 0 persen, ini target yang tidak mudah. Di 2022, masih 2 persen dan 14 provinsi di atas nasional,” jelas Presiden.

“Semuanya sudah ada datanya, artinya targetnya siapa, sasarannya siapa, sudah ada semuanya. Penanganannya seperti apa, juga saya kira saya sudah tidak usah menyampaikan lagi. Intervensi apa yang harus dilakukan, semua pemda sudah tahu apa yang harus dilakukan,” kata Presiden Jokowi. [ip]

Berikut link video-nya:

https://youtube.com/watch?v=lkmGXLF3vhE&feature=shares

Comment