Video Rusuh di Morowali: Terlihat Sudah Banyaknya TKA China Seperti Jagoan

Bisnis, Regional225 Views
Rusuh pekerja di Morowali (tangkapan layar)

Smartcitymakassar.com – Morowali – Kerusuhan besar terjadi di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng)

dari sore higga Sabtu malam (14/1/2023).

Telah banyak rekaman video amatir yang beredar di kalangan jurnalis dan tersebar di media sosial dan WAG.

Adapun kericuhan tersebut terlihat melibatkan tenaga kerja asal China dengan tenaga kerja lokal.

Dalam sebuah video terlihat sekelompok diduga pekerja asal China tampak menyeret pipa besi mengejar pekerja pribumi. (Media Fajar).

Dalam video terlihat TKA China itu seperti bukan tenaga ahli.

Sejumlah warganet bahkan menyimpulkan para pekerja asal China ini cukup mahir bela diri layaknya tentara (Media Fajar).

Dan dari informasi yang diterima, akibat dari kerusuhan itu, sejumlah karyawan Indonesia mengalami luka-luka di dalam perusahan.

LANTAS apakah Pemerintah RI bisa tegas memulangkan mereka? Seperti negara lain yang pasti tegas kepada semua TKI di luar negeri.

BACA JUGA  JK: Lahan PT. Vale Harus Segera Didistribusikan ke Pengusaha Lokal Setelah Izinnya Berakhir, Agar Konflik Sosial ke Depan Bisa Dimigitasi

▪️Dugaan Penyebab Kerusuhan.

Dari sumber media lokal, menurut sejumlah saksi mata, bentrok dipicu kejadian sebelumnya yaitu terjadi perkelahian antara karyawan WNA dan WNI dilokasi tambang GNI. Perkelahian itu juga sempat terekam video karyawan hingga beredar luas dan memicu kemarahan  karyawan lokal lainnya.

Terlihat pada video lain tampak kerusuhan meluas hingga terjadi aksi pembakaran alat berat crane, wheel loader dan Mes karyawan Asing asal Cina.

Bentrokan makin memanas, aksi baku lempar kemudian terjadi pada malam hari. Pihak keamanan sampai harus menembakan gas air mata.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui pasti penyebab kerusuhan tersebut. [ip]

Berikut link videonya:

https://youtube.com/shorts/0v_G4fxv5uo?feature=shares

Comment