(VIDEO) Soal Arwah 40 Hari dan Takziah, Ini Penjelasannya

Prof Quraish Shihab

Smarrcitymakassar.com – Makassar – Saat ditanyakan soal apakah yang telah meninggal, arwah atau ruhnya 40 hari masih ada disekitar kita, Dilansir dari channel youtube Najwa Shihab, salah satu ahli tafsir Indonesia, Prof Quraish Shihab mengatakan bisa jadi itu hanya kesan kita seakan akan ada.

“Tidak harus itu. Tidak kita harus berkata masih ada ditengah kita sehingga dia tidak pergi ke alam barzah. Kita (keluarga yang ditinggal-red) tidak di alam barzah, kita didunia, dimana dia (orang yang sudah meninggal-red) berada ditengah kita padahal ruhnya sudah ada di alam barzah”, jelasnya, dikutip redaksi, Jumat (13/1/2023).

“Boleh jadi ucapan atau ungkapan itu bahwa selama 40 hari itu masih terasa seakan akan dia masih ada ditengah kita,”sambung Quraish Shihab.

Saat ditanya soal pengajian 3, 7 atau 40 hari, Quraish Shihab mengatakan itu jelas budaya.

BACA JUGA  FKIP Universitas Megarezky Beri Edukasi 'Pencegahan dan Perawatan Cedera' di SMANKO Makassar

“Mau adakan tiap hari boleh, tiap lima hari boleh, lantas masyarakat islam diberbagai tempat memilih hari ke 3, 7, 40 dan seterusnya,” kata Quraish Shihab.

“Dan tidak ada larangan untuk itu, tapi disaat yang sama tidak ada anjuran untuk 3, 5 dan sebagainya. Ini yang sebagian orang mengatakan karena nabi tidak mengamalkan kita tidak usah mengamalkan. Tapi yang lain berkata apa yang tidak diamalkan nabi tidak harus kita tunggalkan,” sambungnya.

“Jadi jangan tengah menurut saya yang mau silahkan yang tidak mau tidak apa apa, yang penting doakan dia kapan dan dimana pun,” jelasnya. [ip]

Berikut video-nya:

https://youtube.com/watch?v=xac9xwNh6N8&feature=shares

Comment