Divestasi 51% Vale yang Tersisa 11%, ESDM: Bisa BUMN, BUMD Atau Investor Domestik

PT Vale Indonesia

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) belum mengajukan perpanjangan Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Adapun Konsesi pertambangan Vale akan berakhir di 28 Desember 2025.

Pelaksana Harian Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Idris Sihite, mengatakan sebelum memperpanjang kontrak, pihaknya akan melakukan evaluasi, salah satunya perusahaan harus divestasi saham agar minimal 51 persen dimiliki oleh publik Indonesia.

Idris berkata, progres terakhir yaitu Vale Indonesia masih harus melepas 11 persen sahamnya. Dia belum bisa menyebut pihak mana yang akan mengambil sisa porsi saham tersebut, apakah pemerintah pusat, BUMN, pemerintah daerah (pemda), atau bahkan perusahaan daerah.

Selain itu, dia juga menyebutkan masih ada kemungkinan porsi saham dilepas kepada investor retail domestik, mengingat Vale Indonesia merupakan perusahaan terbuka yang sudah melantai di bursa saham.

Idris pun membuka kemungkinan perusahaan daerah (perusda) bisa turut mendapatkan porsi kepemilikan saham, selama sesuai dengan persyaratan dan memiliki kemampuan. Bahkan dia berharap daerah bisa mendapatkan porsi mayoritas.

“Beberapa diskusi sudah berlangsung, nanti mereka (Vale Indonesia) yang akan menentukan aspek B2B (business to business) oleh para pihak,” ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR, Rabu (23/11/2022), dilansir dari kumparan.

Adapun Vale menurut Idris hingga saat ini belum mengajukan perpanjangan kontrak.

“Belum (ajukan perpanjangan kontrak), kan dia (kontrak) 2025 habisnya. Sesuai dengan Undang-undang masih ada waktu mereka, belum deadline kan. Jadi masih ada waktu tiga tahun, ya dua tahun lebih, minimum satu tahun sebelum berakhir harus diajukan perpanjangan,” kata Idris. [ip]

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua