Wakil Bupati Kutai Timur Resmikan Kantor Cabang KSP Kopdit Pintu Air

Bisnis101 Views
Wakil Bupati Kutai Timur, Dr. H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M

Smartcitymakassar.com – Kutai Timur – Wakil Bupati Kutai Timur, Dr. H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M siap meresmikan Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang ke-57 di Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, hari ini, Selasa, (22/11/2022).

“Konfirmasi kita dengan pihak protokol Pemkab Kutai Timur, Bapak Wakil Bupati Kutai Timur siap hadir dan meresmikan Kantor Pintu Air Cabang Sangatta,”ujar Manager Kopdit Pintu Air Cabang Sangatta, Agnes Anggreni kepada fortuna.press, Senin,(21/11) siang.

Dikatakan berbagai persiapan terkait pelaksanaan acara peresmian Kantor Cabang Sangatta sudah mencapai 95%. Ratusan orang anggota dan calon anggota dari berbagai titik kumpul di Kota Sangatta dan daerah sekitar juga siap hadir dan menyaksikan langsung acara peresmian kantor tersebut.

Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, Ketua Pengawas Bernabas Hening, Wakil Ketua Pengurus III Vinsensius Deo, Sekretaris II Pengurus Pusat Tonceanus Jawa, General Manager Gabriel Pito Sorowutun bersama jajaran kantor pusat sudah berada di kota Sangatta sejak, Senin, 21 November 2022 dinihari.

Mereka hadir bersama tokoh koperasi nasional Romanus Woga yang adalah juga Wakil Bupati Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Hadir juga penasehat rohani Kopdit Pintu Air, Pater Dr.George Kirlberger,SVD yang juga adalah seorang akademisi dari Kampus Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (ITFK) Ledalero. Pater berkebangsaan Jerman itu akan memimpin langsung Misa Syukur didamping oleh Iman dari Paroki setempat.

Sementara Ketua Komite Kantor Cabang Pembantu Sangatta, Yulius Nong Plea mengatakan saat ini sebanyak 1.080 orang warga Kota Sangatta di kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur telah menjadi anggota KSP Kopdit Pintu Air, Rotat-Indonesia.

Dari jumlah itu sekitar 60% adalah para butuh pekerja sawit dan batubara, sisanya 20% adalah pelaku UMKM, serta 20 persen lainnya adalah karyawan swasta dan ASN.

“Profil anggota kita didominasi oleh petani/buruh pekerja sawit dan tambang batubara sekitar 60%, pelaku UMKM di Kota Sangatta 20% dan sisanya 20% adalah karyawan swasta/perusahan, PNS dan lainnya,” ujar Yulius diamini Angreni.

Menurut Yulius, sejak masuk Sangatta tahun 2018, kopdit Pintu Air secara perlahan mencoba melakukan sosialisasi dan mengajak warga Kabupaten Kutai Timur untuk bergabung menjadi anggota dan menikmati aneka produk dan fasilitas pelayanan Pintu Air.

BACA JUGA  Soal Melepas PT Vale, Ini Kata Menteri Luhut

Dari proses itu, selama kurang lebih 4 tahun sudah ada 1.080 orang yang bergabung menjadi anggota dan menikmati fasilitas produk simpanan, pinjaman dan juga dana solidaritas yang ada di Kopdit Pintu Air.

Saat ini total asset yang dimiliki adalah sebesar Rp 8 miliar lebih dengan rincian simpanan saham Rp 4,5 miliar, non saham Rp 3,5 milair dan pinjaman yang beredar sebesar Rp 5 miliar.

Dengan profil dan data keanggotaan seperti itu maka Kantor Cabang Pembantu (KCP) sudah memenuhi syarat untuk dinaikan statusnya dari KCP menjadi Kantor Cabang penuh.

Adapun Kantor Pelayanan Kopdit Pintu Air Kabupaten Sangatta terletak dijalan Hidayatulah No.8 RT 04/RW 01 Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, kota Sangatta, kabupaten Kutai Timur

Manajer KCP Sangatta, Agnes Angreni menjelaskan jangkauan pelayanan anggota di KCP Sangatta sangatlah luas dengan wilayah kerjanya hingga ke pelosok-pelosok. Saat ini ia dibantu 7 orang staf pengelola yang terdiri dari 2 orang komite, kasir 1, AO 2 orang dan tenaga kontrak 2 orang.

Untuk diketahui, Kopdit Pintu Air merupakan salah satu koperasi besar nasional. Saat ini Pintu Air menempati peringkat satu nasional dari sisi jumlah anggota yakni sebanyak 335.550 orang dengan total asset Rp 1,7 triliun lebih.

Koperasi yang berkantor pusat di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur itu sudah membuka 56 kantor cabang pelayanan di 20 provinsi di Indonesia.

Sebelumnya pada Sabtu,19 November 2022, Kopdit Pintu Air meresmikan cabang ke-56 di Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah dan rencannya pada tanggal 26 November 2022 akan dilakukan juga perersmian cabang ke-58 akan dilakukan di Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. [hd]

Comment