Rapsel Ali Tetap Fokus pada Kesejahteraan Masyarakat Kecil

Makassar197 Views

Smartcitymakassar.com – Makassar. Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Nasdem ini, prinsipnya tetap ia pegang teguh hingga sekarang. Saat awal terpilih berjanji akan memberikan perhatian khusus kepada masyarakat kecil, usaha mikro, pendidikan pesantren, dan rumah ibadah.

Janji itu boleh dikata ia tunaikan, selama menjabat sebagai Legislator, H. M. Rapsel Ali telah memberikan bantuan ke UMKM, renovasi Masjid, dan sarana pendidikan pondok pesantren yang tersebar di Dapil Sulsel I meliputi: Selayar, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa dan Makassar.

Saat masyarakat Sulsel alami kelangkaan minyak goreng bulan Februari lalu, Rapsel Ali yang juga anak mantu dari Wapres KH Maruf Amin, turun langsung ke kantor Perum Bulog Kanwil Sulselbar mendesak untuk segera atasi masalah tersebut.

“Kelangkaan ini kan yang paling terdampak masyarakat kecil. Makanya kami juga akan membagikan minyak goreng secara gratis di wilayah tertentu. Untuk skala yang lebih luas, kami menggelar operasi pasar bersama dengan sejumlah pihak, salah satunya Bulog,” ucapnya.

Pada bulan Oktober 2022 lalu, karena kontrak berakhir antara PT ASDP dan Dirjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan, maka  PT ASDP Cabang Selayar untuk sementara waktu menghentikan operasional pelayaran lintas keperintasan antar provinsi dan rute wilayah kecamatan kepulauan di Selayar. 

Mengetahui hal tersebut, Rapsel Ali langsung menghubungi Direktur Utama PT ASDP (Persero) dan Dirjen Hubdat Kemenhub. Berkat gerak cepatnya, persoalan segera teratasi.

“Kita juga sudah meminta Dirut PT ASDP untuk tetap melayani penyeberangan perintis ke pulau-pulau sambil menunggu kontrak dari Dirjen Hubdat, mengingat rute ini sangat dibutuhkan dan menjadi urat nadi kehidupan masyarakat kepulauan Selayar,” ujarnya.

BACA JUGA  Perhelatan Golden Memories Sahabat Alumni Smapat Makassar di Onyx Ballroom Myko Hotel

Dalam kunjungan kerja Jumat kemarin (18/11), Rapsel Ali sambangi Bank BRI Wilayah Makassar dan kantor BUMN PT Taspen Cabang Makassar. Lagi-lagi ia memberikan perhatian khusus kepada masyarakat kecil.

Dalam kunjungan tersebut, Rapsel berdiskusi langsung dengan Pimpinan Wilayah Bank BRI Rahman Arief beserta jajarannya dan secara khusus meminta program Bank BRI lebih menyentuh ke masyarakat nelayan dan diberi kemudahan untuk mengakses KUR.


“Masyarakat nelayan harus mendapat perlakuan dan perhatian khusus untuk dapat mengakses kredit perbankan. Terutama KUR, sehingga terbebas dari jerat rentenir yang memberatkan nelayan,” ujarnya.


Sementara itu dengan pihak Taspen, Rapsel berdiskusi bersama Hadi Suwartono, Busines Manager PT Taspen Cabang Makassar dan Jajaran petinggi Taspen. Rapsel mengatakan bahwa, kedepannya ia tidak ingin lagi melihat ada ASN atau pensiunan ASN maupun tenaga PPPK yang tidak memiliki rumah hunian. Menurutnya, dibutuhkan suatu kolaborasi apik antara Taspen, Pemerintah Daerah, dan Bank Daerah dalam menyediakan hunian bagi masyarakat tersebut.

“Nantinya, hunian bagi ASN, Pensiunan ASN, dan PPPK  bisa disiapkan dengan cicilan yang ringan dan tenor terjangkau, sehingga mereka bisa segera memiliki rumah sendiri,” pungkas Presiden Pertamina Mandalika SAG itu**(RM)

Comment