NasDem dan PKS Persilahkan, Demokrat Panas Ada Wacana Gibran Cawapres Anies

Politik179 Views
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Calon Presiden Partai NasDem Anies Baswedan di Hotel Novotel Solo, Senin (15/11/2022).

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Calon Presiden Partai NasDem Anies Baswedan di Hotel Novotel Solo, Senin (15/11/2022).

Mengenai pertemuan itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali menegaskan tidak ada pembahasan politik dalam pertemuan tersebut.

Namun Ali mengisyaratkan terbuka peluang bagi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Menurutnya, Anies sendiri dibebaskan oleh Nasdem untuk menentukan siapa sosok cawapres yang akan dia tunjuk.

“Tapi kalau kemudian Gibran dipantaskan untuk menjadi cawapres Anies, kenapa tidak?” ujar Ali, Selasa (15/11/2022).

Ali mengatakan, Gibran memenuhi kualifikasi untuk menjadi cawapres Anies.

Tanggapan Demokrat.

Menanggapi peluang Gibran menjadi Cawapres Anies, Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief meminta NasDem disiplin dalam koalisi.

“PKS dan Demokrat disiplin dalam koalisi. Harusnya NasDem juga demikian. Bukankah sudah diserahkan pada Anies memilih cawapres,” ujar Andi Arief kepada wartawan, Kamis (17/11/2022). 

Andi Arief mengimbau agar partai besutan Surya Paloh itu untuk tak melakukan manuver mencari cawapres untuk Anies tanpa sepengetahuan Demokrat dan PKS.

“Sebaiknya konsentrasi saja pada apa yang sudah dibicarakan di koalisi. Bulatkan saja tekad, bahwa NasDem bergabung bersama PKS dan Demokrat memilih di jalur perubahan. Jangan setiap bertemu figur di luar PKS dan Demokrat, NasDem menawarkan sana-sini,” ujarnya.

BACA JUGA  (VIDEO) Pidato Jokowi Depan Relawannya, Apakah Sinyal Dukungan ke Salah Satu Capres?

Tanggapan PKS.

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Kholid mengatakan, calon Koalisi Perubahan yang dihuni Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS tidak pernah membahas nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan.

Menurut Kholid, tim kecil yang dibentuk Nasdem-Demokrat-PKS belum pernah membawa nama Gibran dalam pembahasan.

“Terkait cawapres, nama Mas Gibran tidak pernah dibahas di tim kecil,” ujar Kholid saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Namun, Kholid mempersilakan Nasdem apabila ingin mengajukan nama Gibran sebagai cawapres pendamping Anies di Pilpres 2024.

“Kalau Nasdem mau ajukan Mas Gibran, ya itu haknya Nasdem. Silakan disampaikan secara resmi di tim komunikasi koalisi tiga pihak,” kata Kholid.

Kholid menekankan bahwa PKS akan tetap memperjuangkan Ahmad Heryawan (Aher) sebagai cawapres Anies. [ip]

Comment