Kasus COVID-19 Kembali Melonjak, Ini Kata Ketua MPR RI

Health, Kesehatan251 Views
Kasus COVID-19 Kembali Melonjak, Ini Kata Ketua MPR RI (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan(Kemenkes), mengklasifikasikan dampak atau gejala yang ditimbulkan dari pasien COVID-19 yang ada saat ini.

Diketahui, penambahan harian kasus covid-19 di tanahu air melesat yang ditunjukkan dari data Satuan Tugas/Satgas COVID-19 per 1 November 2022 melaporkan ada 4.707 kasus baru, yang jauh meningkat dibandingkan jumlah kasus per 31 Oktober 2022 yang tercatat 2.457 kasus.

Bamsoet sapaan akrabnya meminta hal itu agar diketahui apakah efek vaksinasi covid-19 sebelumnya masih cukup kuat untuk menghadapi ancaman virus corona yang hingga saat ini masih terus berkembang dan bermutasi.

“Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, untuk tidak lengah dan mempersiapkan sejumlah rencana untuk menghadapi potensi kenaikan kasus covid di Tanah Air, dikarenakan saat ini ancaman pandemi tidak bisa terelakkan, sehingga diperlukan penanganan yang tepat dan akurat guna menekan angka penyebaran virus terus meluas,” kata Bamsoet kepada wartawan, di Jakarta, Jumat(4/11/2022).

Tak hanya itu, ia ingin agar Kemenkes, menggencarkan program vaksinasi covid-19, baik dosis primer, kedua, booster pertama, hingga booster kedua apabila diperlukan. Guna menjaga imunitas tubuh masyarakat agar memiliki kekebalan dan tidak mengalami dampak negatif apabila terpapar virus corona, baik melalui penambahan sentra vaksin di beberapa titik maupun upaya door to door bagi masyarakat yang masuk di kelompok rentan, seperti masyarakat berkomorbid atau masyarakat lanjut usia.

BACA JUGA  Pemerintah dan Perusahaan Farmasi Digugat Keluarga Korban Gagal Ginjal Akut

“Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, memperhatikan angka positivity rate di Indonesia sebagai dasar pengambilan kebijakan terkait penanganan COVID-19,” tuturnya.

Ia mengajak dan mengimbau masyarakat untuk patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) mulai dari mencuci tangan, mengenakan masker di tempat umum, dan menjaga jarak. [*]

Kontributor: Fajar Ahmad Wahyuddin

Comment