“Jamunya Simbok”: Merawat Kesehatan dan Lestarikan Minuman Herbal Khas Indonesia

UMKM198 Views
Jamunya Simbok

Smartcitymakassar.com – Gowa – Salah satu produk herbal tradisional untuk kesehatan khas Indonesia adalah jamu. Kegemaran mengonsumsi jamu langsung minum telah tumbuh sejak lama. Dahulu, konsumen dengan gampang menemukan jamu langsung minum lewat para pedagang ‘jamu gendong’ yang setiap hari menjajakan jamunya dari rumah ke rumah. Saat ini, pedagang ‘jamu gendong’ sudah sangat sulit ditemui.

Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel), ceruk pasar menjadi kosong. Potensi pasar inilah yang dimanfaatkan oleh Fitri. Dengan bekal keahliah meracik berbagai jenis jamu, Fitri membangun bisnis jamunya dengan brand “Jamunya Simbok”.

Gayung bersambut, bisnis jamu minum dalam kemasan milik Fitri disambut para penikmat jamu gendong. Dirintis sejak tahun 2020 lalu, bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jamu kemasan “Jamunya Simbok” makin bersinar.

Walau diakui, masih banyak orang tidak menyukai mengonsumsi jamu, tapi tantangan ini menjadikan Fitri semakin bersemangat memasarkan produknya sekaligus melestarikan minuman herbal kesehatan tradisional khas Indonesia.

“Saya terus menyakinkan calon konsumen betapa pentingnya meminum jamu untuk menjaga kesehatan dan tidak mengandung zat kimia karena murni dari herbal”, ujar Fitri kepada Tim UMKM SC, Rabu (28/9/2022).

Dengan memanfaatkan media sosial (medsos) terutama Instagram, pasar “Jamunya Simbok” makin meluas hingga lintas kabupaten.

“Pelanggan kami ada dari kabupaten Barru hingga Takalar”, katanya.

Dalam memasarkan “Jamunya Simbok“, Fitri senantiasa membuka ruang komunikasi dengan pelanggan untuk mendapat masukan.

“Komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Karena dengan mendengar masukannya, kita bisa terus berinovasi serta memperbaiki kualitas produk kami”, imbuhnya.

Fitri sangat sadar, bila di era digital ini, model pemasaran sudah sangat berubah dan para pelanggan bisa langsung berinteraksi dengan produsen melalui media sosial.

“Makanya kami sangat membuka diri untuk segala macam masukan dari mana pun. Kami juga sangat memanfaatkan Instagram dalam memasarkan produk kami”, lanjutnya.

Alhamdulillah, kata Fitri, dengan pemasaran seperti ini, pelanggan semakin bertambah dan puas dengan produk dan layanan yang ditawarkannya.

“Ke depan, kami berharap, masyarakat makin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan serta tetap melestarikan produk khas dalam negeri seperti jamu karena ini adalah warisan asli Indonesia”, pungkasnya. [Tim UMKM SC]

Bio Data Pemilik “Jamu Simbok”

Nama Lengkap: Fitri

TempatTanggal Lahir: Jakarta 11 Juni 1989

Jenis Kelamin: PEREMPUAN

Nama Merek/Produk: Jamunya Simbok Alamat Lengkap: Jl. Damai 1 lorong Songko 1 depan posyandu melati 1

No Telp/HP: 082310797649

Email: fitripitong095@gmail.com

No.PIRT: 213730601.458.11.24

Comment