Kuliner Kue Nusa Indah asal Gowa: Cita Rasanya Bikin Ketagihan

UMKM248 Views
Kue Nusa Indah

Smartcitymakassar.com – Gowa – Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) bergeliat dengan makin semaraknya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Potensi pasar yang terus bertumbuh dan daya beli masyarakat yang semakin baik menggerakkan jiwa entrepreneurship warga Gowa berdenyut berbagai jenis bisnis.

Salah satu sektor bisnis UMKM yang demikian bersinar di kabupaten yang berbatasan langsung dengan kota Makassar ini adalah bisnis kuliner makanan dan minuman.

Pesatnya pertumbuhan di sektor bisnis ini tidak terlepas dari dinamika bergesernya area pembangunan permukiman penduduk yang semakin terkonsentrasi di kabupaten ini. Sebagai daerah penyanggah yang langsung berbatasan dengan kota Makassar, kabupaten Gowa mendapat keuntungan dari makin kencangnya arus aktifitas ekonomi dan penduduk yang kemudian berdampak pada penciptaan peluang usaha, khususnya di sektor makanan dan minuman sebagai kebutuhan primer masyarakat.

Satu bisnis kuliner cemilan kue yang saat ini sedang digemari masyarakat adalah cemilan beragam kue dengan brand Nusa Indah. Dirintis sejak kurang lebih lima tahun lalu, kue Nusa Indah telah mampu menciptakan pasar konsumen loyalisnya.

Menurut owner Nusa Indah Murniati NLA, jenis kue yang diproduksinya sangat bervariasi, mulai dari kue kering hingga kue tradisional dengan cita rasa khas produk yang pembuatannya merupakan resep rahasia keluarga dengan berbagai inovasi produk yang disesuaikan dengan selera kekinian.

“Ini yang menjadikan kuliner kue Nusa Indah punya cita rasa yang khas dan membuat pelanggan kami merasa cukup puas”, katanya pada Tim UMKM SmartCity Online, Sabtu( 24/9).

Dengan bermodalkan dari kocek sendiri, Murniati NLA mengakui tantangan terbesar dalam mengembangkan usahanya adalah terbatasnya permodalan.

“Makanya kami tak bisa memenuhi harapan konsumen yang terus meningkat karena modal kami hanya dari perputaran omzet sendiri dan belum tersentuh bantuan”, ujarnya.

Makanya, harapan terbesar Murniati adalah tersedianya bantuan dari pemerintah dan lembaga keuangan lain untuk memperbesar segmen pasar kami”, tuturnya.

Diketahui, hingga kini, pasar konsumen yang dilayani kue Nusa Indah adalah pelanggan dari kabupaten Gowa dan kota Makassar.

“Kami berharap penetrasi pasar kami ke depan semakin luas seiring meningkatnya permodalan kami untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat”, ujarnya.

Satu hal yang membuat kue produk Nusa Indah mampu bertahan hingga kini karena terus membangun komunikasi dengan pelanggan terkait peningkatan kualitas produk serta layanan.

“Kuncinya agar pelanggan tetap loyal dan puas dengan produk kuliner kami adalah terus bertanya dan meminta masukan kepada pelanggan”, katanya.

Murniati juga senantiasa meminta pendapat dan masukan dari keluarga, khususnya pada suami dan ibunya.

Yang cukup menarik dari usaha milik Murniati ini adalah walau bisnisnya masih tergolong UMKM, kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan sangatlah tinggi.

“Setiap Jumat kami senantiasa menggelar kegiatan Jumat Berkah dengan membagi-bagikan produk kami ke sesama seperti ke panti asuhan, marbot Masjid, pengemis serta driver ojek online. Walau masih kecil semoga apa yang kami lakukan menjadi berkah, Aamiin”, pungkasnya. [Tim UMKM SC]

Bio Data Pemilik Usaha Kue Nusa Indah:

Nama Lengkap: Murniati NLA

Tempat Tanggal Lahir: Makassar, 12-7-1968

Jenis Kelamin: Perempuan

Nama Merek/Produk: Nusa indah

Alamat Lengkap: Jalan kacong dg lalang

No Telp/HP: 085396401456

Email: murniatirizaldi970@gmail.com

NIB: 3007220001267

Comment