Susu Kurma Almaraza: Produk Minuman Sehat dari Gowa yang Rambah Pasar hingga Kendari

UMKM149 Views
Susu kurma Almaraza (foto: istimewa)

Smartcitymakassar.comm- Gowa – Denyut Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) makin berdetak. Jiwa entrepreneurship warga Gowa terus berkembang pesat yang ditandai dengan semakin bertumbuhnya beragam bisnis UMKM diberbagai sektor, khususnya pada bisnis kuliner makanan dan minuman.

Kabupaten Gowa Sulsel memang memiliki posisi strategis karena berbatasan langsung dengan Kota Makassar di mana dinamika pertumbuhan ekonomi dan zona pemukiman penduduk semakin bergeser ke daerah ini. Dampak langsungnya adalah terciptanya pasar konsumen yang semakin besar dan dengan sendirinya membuka peluang usaha di sektor makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan primer penduduk sebuah daerah.

Salah satu produk minuman sehat yang saat ini lagi digemari konsumen adalah minuman susu kurma. Potensi pasar yang besar dari produk ini membuat Atikah Aulia terdorong untuk membuka bisnis minuman susu kurma yang dia beri merek Almaraza

Berdiri sejak tahun 2019 dan mampu terus survive hingga kini menandakan bisnis susu kurma Almaraza milik Atikah telah membentuk pasar konsumen loyalis-nya sendiri.

Hal ini tidak mengherankan karena penetrasi pasar yang dia telah rambah sudah lintas kabupaten bahkan provinsi.

“Pelanggan kami di samping berasal dari wilayah Sulsel seperti Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Palopo dan kota Makassar, pelanggan kami juga berasal dari kota Kendari Sulawesi Tenggara”, kata Atikah pada Tim UMKM SmartCity Online, Jumat (23/9).

Menurut Atikah, salah satu kendala yang dulu kerap dihadapi adalah bagaimana melayani pelanggan yang jauh dari Gowa karena produk ini tidak bisa bertahan lama terkait suhu udara.

“Jadi dulu agak susah untuk mengirim keluar kota dan provinsi lain karena produk kami tidak bisa bertahan lama pada suhu ruang”, ujarnya.

Namun, lanjut Atikah, solusi untuk itu akhirnya terpecahkan dengan cara membekukan terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam box gabus.

BACA JUGA  Pia Dheka: Kuliner asal Gowa yang Telah Merambah Pasar Sulsel

“Cara ini cukup jitu sehingga kualitas dan cita rasa produk kami tetap terjaga dengan baik”, katanya.

Untuk tetap merawat loyalitas pelanggan sekaligus memperbesar pasar, Atikah senantiasa menjaga standar mutu produknya serta citarasa khas susu kurma Almaraza

“Kepuasan pelanggan adalah harga mati buat kami. Alhamdulillah, hingga kini, pelanggan kami senantiasa merasa puas dengan produk susu kurma Almaraza kami”, imbunya.

Walau demikian, Atikah tetap melakukan komunikasi dengan pelanggannya untuk terus mendapat masukan agar produk susu kurma Almaraza makin berkembang.

“Masukan dari pelanggan menjadi motivasi kami untuk terus melakukan inovasi dan perbaikan baik dari segi produk maupun dari segi layanan”, ujarnya.

Menurut Atikah, hingga saat ini bisnis yang dibangunnya dari nol belum tersentuh bantuan permodalan.

“Masih biaya sendiri dari perputaran omzet kami. Padahal untuk semakin berkembang, sebuah usaha paling tidak membutuhkan suntikan modal agar lebih mampu memenuhi permintaan pasar yang semakin besar”, katanya.

“Tapi Alhamdulillah, hingga saat ini kami masih bisa mengelola Almaraza dengan biaya usaha sendiri”, tuturnya.

Ke depan, Atikah mengharapkan bisnis susu kurma ini makin menjadi kebutuhan utama masyarakat karena manfaatnya sangat banyak untuk pola hidup sehat.

“Seiring makin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat, maka susu kurma menjadi salah satu minuman sehat yang bisa menjadi minuman wajib masyarakat”, tutupnya. [Tim UMKM SC]

Bio Data Pemilik Bisnis Susu Kurma AlMaraza

Nama Lengkap: Atikah Aulia

TempatTanggal Lahir: Kendari, 20 Februari 1993

Jenis Kelamin: PEREMPUAN

Nama Merek/Produk: AL Maraza

Alamat Lengkap: Jl. Mustafa dg bunga no 71

No Telp/HP: 085318188814

Email: atikah.aulia.aa@gmail.com

Comment