Simulasi Charta Politika: Pasangan Ganjar-Sandi Tak Tertandingi

Politik115 Views
Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Charta Politika Indonesia kembai merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas kontestasi para kandidat tokoh di Pilres 2024

Salah satu bahasan dalam rilis survei tersebut adalah mengenai simulasi pasangan capres-cawapres.

Dalam simulasi 4 pasangan pada survei yang digelar 6-19 September 2022 itu, peringkat teratas diduduki pasangan Gajar Pranowo-Sandiaga Uno dengan persentase 34.7 persen.

Peringkat kedua adalah pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dengan perolehan 24.8 persen suara.

Lalu diikuti pasangan Anies Baswedan-AHY dengan 22.8 persen dan terakhir ditempati pasangan Puan Maharani-Andika Perkasa dengan persentase 4.1 persen.

Dilanjut dengan simulasi 3 pasangan capres-cawapres, survei menunjukkan pasangan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto berada di peringkat pertama dengan persentase 33.1 persen, diikuti dengan pasangan Prabowo Susanto-Khofifah Parawansa sebesar 26.2 persen, dan peringkat terakhir pasangan Anies Baswedan-AHY dengan jumlah 22.4 persen.

BACA JUGA  Danny Pomanto Perkenalkan Simpul Kekuatan Makassar di Hadapan Waketum Nasdem

Survei dilakukan secara tatap muka pada 6-13 September 2022. Para responden merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki hak pilih dalam Pemilu, yakni WNI berusia minimal 17 tahun.

Responden dipilih melalui metode multistage random sampling sebanyak total 1220 responden. Margin of error survei ini sebesar 2,82 persen dengan quality control dari 20 persen responden. [rj]

Comment