Pia Dheka: Kuliner asal Gowa yang Telah Merambah Pasar Sulsel

UMKM140 Views
Pia Dheka (foto: istimewa)

Smartcitymakassar.com – Gowa – Geliat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) terus bertumbuh pesat. Salah satu bisnis yang cukup bersinar di daerah ini adalah bisnis kuliner.

Sebagai kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar, posisi geografis Kabupaten Gowa menjadi sangat strategis. Dinamika pertumbuhannya demikian pesat karena daerah ini menjadi zona penyanggah kota Makassar di mana pemukiman masyarakat mulai bergeser ke daerah ini. Hal tersebut secara langsung menciptakan pasar yang besar bagi bertumbuhnya beragam usaha, khususnya bisnis kuliner yang sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat.

Salah satu bisnis kuliner yang saat ini lagi ‘naik daun’ di Kabupaten Gowa adalah cemilan kue Pia Dheka. Berdiri di Bulan Februari 2020, owner Pia Dheka, Sri Ayu Dewi menjelaskan, bersama sang suami, dia mulai merintis usaha ini karena melihat potensi pasar kue Pia cukup besar, namun belum banyak yang masuk ke jenis kuliner ini.

“Makanya saya dan suami berinisiatif untuk mulai membuka usaha kue Pia yang kami beri merek Pia Dheka”, katanya kepada SmartCity Online, Kamis (22/9).

Sri Ayu membeberkan, awal membuka usaha ini, tantangan langsung menghadang. Pandemi COVID-19 membuat ekonomi dan daya beli masyarakat menurun.

“Penjualan langsung menurun drastis karena masyarakat takut keluar dan berbelanja. Juga ada peraturan pembatasan waktu kegiatan usaha dan ruang gerak aktifitas masyarakat menjadikan usaha kami sangat terdampak”, lanjutnya.

Namun di awal 2021, berkat kegigihan dan kesabaran untuk terus survive bisnis kue Pia Dheka mulai kembali bangkit. Yang menarik, menggeliatnya kembali bisnis kue Pia Dheka ini tak terlepas dari inovasi model bisnis yang sebelumnya konvensial kemudian beralih dengan memakai model bisnis reseller.

“Alhamdulillah, cara ini berhasil. Kami mencari reseller hingga ke luar Gowa. Dan dengan cara begitu permintaan mulai meningkat pesat”, katanya.

Sebagai informasi, berkat inovasi model bisnis yang dilakukan Sri Ayu dan suami, saat ini pasar kue Pia Dheka telah jauh merambah mulai dari Kabupaten Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Makassar, Maros, Pangkep, Pinrang, Sidrap, Soppeng, Sengkang dan Enrekang.

BACA JUGA  Kuliner Kue Nusa Indah asal Gowa: Cita Rasanya Bikin Ketagihan

Menurut Sri Ayu, hal yang terpenting dalam mengembangkan bisnis kulinernya adalah komunikasi.

“Ke dalam, saya senantiasa berdiskusi ke suami dan karyawan untuk lebih meningkatkan pelayanan serta inovasi produk agar lebih mampu memuaskan selera pelanggan kami. Komunikasi juga kami bangun dengan meminta masukan pelanggan terkait produk dan layanan kami”, imbuhnya.

Komunikasi ini sangat penting, kata Sri Ayu, karena pelangganlah yang paling mengerti bagaimana kualitas produk kue Pia Dheka yang dihasilkannya. Juga dari pelangganlah tren pasar diketahui.

“Dari komunikasi dengan pelanggan, kami bisa melakukan inovasi baik model bisnis maupun produk agar bisa memenuhi tuntutan pasar yang terus berubah sehingga kita harus terus berinovasi agar tidak ketinggalan zaman”, ujarnya.

Apalagi, sambungnya, saat ini kompetisi di bisnis kuliner ini makin ketat dengan terus bermunculannya usaha-usaha sejenis.

“Namun yang terpenting, bagi kami adalah tetap menjaga mutu produk yang khas dari Pia Dheka serta pengemasan yang menarik serta menjaga standar higienis-nya,” ujar Sri.

Yang juga cukup menarik dari bisnis kuliner Pia Dheka milik Sri Ayu ini adalah kemampuannya membentuk pasar baru lewat relasi pertemanan, tetangga dan keluarga. Bisa dikatakan, promosi berjalan ini sangat efektif untuk jenis kuliner karena secara langsung menjadi testimoni yang menjadi rujukan konsumen tertarik membeli.

Di samping itu, walau terbilang masih jenis usaha UMKM, kue Pia Dheka sudah sangat sadar dengan jenis ekonomi-bisnis-berbagi dengan memakai reseller serta ikut membantu masyarakat tidak mampu dengan memberi donasi.

“Kami pernah menggalakkan disetiap pembelian produk kue Pia Dheka, kami sisihkan Rp2.000 untuk anak yatim. Semoga ke depan kami bisa melaksanakan lagi”, pungkasnya. [Tim UMKM SC]

Bio Data Pemilik Usaha Kuliner Pia Dheka

Nama Lengkap: SRI AYU DEWI, SE

Tempat Tanggal Lahir: JENEPONTO, 4 JUNI 1991

Jenis Kelamin: PEREMPUAN

Nama Merek/Produk: PIA DHEKA

Alamat Lengkap: PERUM. GRIYA PERMATA

PALLANGGA BLOK C2 JL. PELITA TAENG

No Telp/HP: 089653678305

Email: sriayudewi.dewi@gmail.com

NIB: 2908220063426

No.PIRT: 206730601.345.10.23

Comment