Mahfud MD Sebut Sosok Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi, Siapa Dia?

Teknologi203 Views
Tangkapan layar Bjorka di situs Breach Forums.

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Ingar bingar sepak terjang sosok hacker Bjorka yang membuat Presiden Jokowi memerintahkan dibentuknya tim khusus memburunya sosok ini membuat Bjorka makin memuncaki popularitas perbincangan publik.

Diketahui, sosok Bjorka mengklaim telah meretas banyak data pribadi masyarakat dan pejabat bahkan surat menyurat Presiden Jokowi dan BIN dan mengunggahnya di sebuah situs yang bernama Breach Forums.

Walaupun akun media sosial Bjorka kerap disuspend, namun hacker tersebut kerap kembali dengan menggunakan akun media sosial yang baru seperti @bjorkanism, @bjorxanism, kemudian kini muncul dengan @bjorkanesian.

Namun, baru-baru ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberi sinyal bila sosok Bjorka sudah mulai terkuak dan telah di identifikasi oleh BIN dan Polri.

Mahfud mengatakan BIN dan Polri sudah mempunyai gambaran mengenai sosok Bjorka. Ia menyebutkan bahwa sosok Bjorka sudah di temukan atas kerjasama yang dilakukan Badan Intelejen Negara (BIN) dan Polri.

Meski demikian, Mahfud MD menyebutkan bahwa pihaknya masih belum dapat memberitahukan kepada publik mengenai sosok di balik Bjorka yang kerap menjadi sorotan warganet.

“Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud MD.

“Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” tambah Mahfud MD.

Selain itu, Mahfud MD juga menyebutkan terdapat motif yang dilakukan oleh Bjorka tidaklah berbahaya. Hal tersebut karena hanya berkaitan dengan motif ekonomi hingga jual beli.

“Motifnya kan ternyata juga gado-gado. Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya,” kata Mahfud MD.

Sehingga juga ya motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan,” pungkas Mahfud MD. [rj]

Comment