Lolos Program AFS, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dapat Kesempatan Belajar di Italia

Lolos Program AFS, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dapat Kesempatan Belajar di Italia

Smartcitymakassar.com – Makassar – Salah satu pelajar di Kota Makassar bernama Niswah Syakirah lolos American Field Service (AFS) Intercultural Program 2022 di Istituto Scolastico Alighieri, Revanne Italia. Niswah Syakirah merupakan siswa dari sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga.

Sekolah yang terletak di sektor Manggala itu selalu mengirimkan siswanya untuk belajar ke luar negeri melalu lembaga lembaga internasional salah satunya melaui program AFS. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bakry Liwang.

“Sebelum pandemi tiap tahun siswa kami ada yang lolos untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri setelah pandemi ini alhamdulillah sudah dua anak kami mengikuti program ini. Niswah merupakan siswa kedua sebelumnya juga ada abrar belajar di italia,” tuturnya, Saat ditemui di ruangnya, Selasa (12/9/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan sekolah terus memotivasi kepada semua siswa untuk mengikuti program seperti ini. Sebab baginya merupakan kegiatan positif.

“Jadi kami sekolah terus mensuport dan memotivasi untuk ikut program yang menawarkan seperti ini karena tentunya menambah pengalaman baru serta wawasannya semakin bertambah,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden AFS Chapter Makassar, Andi Hasniar Nur menjelaskan Program AFS adalah program pertukaran pelajar dengan pilihan negara tujuan dan durasi yang beragam.

BACA JUGA  Buka Peluang Kerja Sama, ANRI Kunjungi Pusat Kajian Anti Korupsi Fakultas Hukum Unhas

“AFS menyediakan program ke pertukaran pelajar ke berbagai negara dengan durasi short yakni program tiga bulan (trimester), satu semester, dan long merupakan program satu tahun untuk niswah ini merupakan program short yang diikuti,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk mengikuti program AFS peserta Tak hanya punya nilai akademik yang baik, calon peserta juga diharapkan memiliki dan mengikuti kegiatan non-akademis di sekolah maupun luar sekolah.

“selain nilai akademik juga ditunjang kegiatan kegiatan organisasi yang mereka ikuti dan Tentunya untuk mengikuti program ini calon peserta harus mendapat izin dari sekolah dan orang tua,” jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan calon peserta harus tinggal dan bersekolah di Indonesia. Serta mereka harus kembali ke kelas setelah program yang dilakukan selesai.

Diketahui, Niswah Syakirah merupakan siswa kelas XII IPS yang mendapatkan kesempatan belajar di italia melalui program AFS. Niswah selama di Italia akan mengikuti proses pembelajaran seperti ia dapatkan di sekolah. Selain itu, Niswah akan mendapatkan orang tua angkat selama disana. [ms/hd]

Comment