Tampil di F8, Batara Gowa Tampilkan Tarian Baine yang Akan Dipertunjukkan di Rumania 2023

Budaya, Makassar110 Views
Tampil di F8, Batara Gowa Tampilkan Tarian Baine yang Akan Dipertunjukkan di Rumania 2023

Smartcitymakassar.com – Makassar – Sanggar Tari Batara Gowa menampilkan Tarian Bainea, Di area Zona 2, panggung Perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (10/9/2022).

Baine dalam bahasa Makassar berarti perempuan. Dalam tarian ini memasukkan unsur tradisional dan juga kontemporer. Rencananya, tarian ini akan dipertunjukkan di Rumania 2023 mendatang.

Tarian yang dibawakan penari perempuan ini dibawakan cukup apik, menjadi penampilan pembuka cultural performance, sebelum penyanyi dan band ternama Indonesia tampil yakni Kaleb J dan Gigi.

“Tari Baine ini memiliki filosofi atau makna perempuan dalam berbagai fase, mulai dari anak, remaja hingga dewasa, ” Jelas Andi Muhammad Redo, pimpinan Yayasan Batara Gowa.

BACA JUGA  Hari Terakhir di Australia, Fatmawati Paparkan Strategi Kota Makassar Minimalisir Resiko Bencana

Saat ini Sanggar Tari Batara Gowa telah bertranformasi menjadi sanggar pemberdayaan budaya melalui kampung seni Kaluarrang.

Kegiatan kampung seni yang berlokasi di Parang Tambung, Makassar menyediakan ruang pelatihan bagi remaja, mahasiswa dan anak-anak.

Saat ini memiliki program baru yakni, belajar bersama Maestro, dengan pelatih Basri Baharuddin Sila, salah seorang seniman yang pernah mendapat Anugerah Kebudayaan Indonesia Kategori Pencipta Pelopor & Pembaru. [ib]

Comment