Wisata Sejarah di Benteng Fort Rotterdam Makassar

Wisata Sejarah di Benteng Fort Rotterdam Makassar

Smartcitymakassar.com – MakassarFort Rotterdam adalah salah satu destinasi wisata yang ada di kota Makassar, tepatnya di jalan Jenderal Sudirman No. 23 Mangkura, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng Rotterdam terletak di pinggiran pantai kota Makassar. Awal mula benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung.

Benteng ini dulunya dikelilingi oleh air, di mana sebelum bernama Benteng Rotterdam, dulu mempunyai empat nama sesuai situasi dan kondisi yaitu, Benteng Ujung Pandang karena merupakan tanjung yang ditumbuhi pohon pandang.

Saat Belanda menjajah, namanya berubah menjadi Fort Rotterdam. Pemberian nama itu untuk mengenang daerah kelahiran Cornelis Speelman. Nama Benteng Panyyua karena apabila diliat dari atas berbentuk penyu dan Kota Toayya karena dulunya di jaman kerajaan, wailayah tersebut merupakan pusat kota.

“Bukan sekadar nama karena dibalik nama itu semua ada filosofinya masing-masing,” tutur Muhktar, penjaga yang bertugas saat itu.

Tidak hanya bangunannya yang banyak berubah, cat dan lantai juga berubah. Ada pula bangunan Gereja yang sekarang berubah fungsi tidak lagi sebagai tempat untuk beribadah, tetapi tempat untuk barang peninggalan lainnya.

Benteng Fort Rotterdam yang saya temui di tahun 2017 dan di 2021 ada sedikit perbedaan,” tutur Isna, salah satu pengunjung.

Di masa pandemik Covid-19 ini, tempat bersejarah yang dulunya kita bebas masuk sekarang ketat. Semua pintu-pintu di setiap bangunan tertutup rapat dan dipasangi gembok. Suasananya tetap bersih dan cocok sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Makassar [*]

Citizen Reporter: Zulfiana (Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar)

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua