by

Coretan Redaksi: Sikap Kritis Berbasis Data

Ilustrasi anggaran

Smartcitymakassar.com – SEJATINYA, untuk mengukur sampai sejauhmana keberpihakan sebuah pemerintahan, baik pusat maupun daerah, bisa dengan gampang dilacak melalui penerapan politik kebijakan dan politik anggaran.

Politik anggaran senantiasa mengikuti politik kebijakan. Dan semua itu, saat ini, cukup gampang diperoleh karena era keterbukan serta adanya undang-undang tentang hak publik terkait keterbukaan informasi.

‘FooterBanner’


Sebenarnya, di republik ini, sebuah pengelolaan kebijakan tidak lagi berada di tempat “remang-remang” seperti yang pernah terjadi di era otoritarianis Orde Baru. Segalanya mudah diakses dengan asumsi bahwa apa yang disajikan pemerintah memang seperti itu.

Namun pun kalau ada kebohongan -atau sejenis manipulasi data- ini juga bisa dengan gampang ditemukan melalui studi komparatif assesment dan evaluasi kinerja terkait hal tersebut.

BACA JUGA:  Jokowi Tegaskan Tak Ada Tempat untuk Mafia Tanah di Negeri Ini

Yang perlu ditekankan saat ini adalah bagaimana mengedukasi masyarakat agar kritis dan mampu “membaca” arah kecenderungan politik kebijakan dan politik anggaran tersebut. Karena di sanalah letak kepentingan sejati masyarakat akan hak kesejahteraan yang dimiliki serta mampu dengan kritis menyuarakan aspirasi mereka berbasis data dan bukan hanya sekadar asumsi atau dikendalikan oleh ‘permainan’ elite politik semata. (MG)

Comment