by

Awal September Pemkot Akan Adakan Vaksinasi di 100 RT, Ini Alasannya

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (baju batik) terlihat memantau salah satu tempat vaksinasi.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Melalui program ‘Makassar Recover’, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menggelar vaksinasi untuk mencapai target 70 persen dari populasi atau sebanyak 1.102.330 warga.

Pemkot akan melakukan vaksinasi serentak di 100 RT setiap harinya yang akan dilakukan awal September mendatang. Butuh waktu kurang lebih 60 hari hingga target vaksinasi tercapai penuh.

‘FooterBanner’


Juru Bicara (Jubir) Makassar Recover, Henni Handayani menyampaikan bahwa langkah ini dilakukan untuk lebih memassifkan vaksinasi di Kota Makassar.

“Mengapa baru di Bulan 9 ?, karena kita bergantung pada stok vaksin yang diberikan pemerintah pusat. Sehingga program ini baru akan dimulai September saat vaksin sudah tersedia”, jelas Henni kepada awak media. Senin (23/8/2021).

Capaian vaksinasi di Makassar saat ini, lanjut Henni, sudah tergolong tinggi dibandingkan daerah lain di Sulawesi Selatan (Sulsel). Itu berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar dimana per 19 Agustus 2021, vaksinasi telah mencapai sekitar 45 persen.

Diketahui, sebanyak 485.502 orang telah mendapat suntikan dosis pertama dan 300.695 orang telah mendapatkan dosis kedua. Meski tertinggi di Sulsel, Henni menerangkan, Pemkot berkomitmen memenuhi target vaksinasi dalam waktu dekat.

BACA JUGA:  5 Tahun Menjabat Sebagai Camat, Sulpiadi SH Pecahkan Rekor

“Di Makassar masih ada 616.828 warga yang belum mendapatkan vaksin untuk dosis 1 dan 801.634 warga yang belum menerima vaksin untuk dosis 2. Jumlahnya masih besar sehingga perlu upaya yang lebih fokus untuk mencapai target”, bebernya.

Selain itu, Henni menambahkan, vaksinasi berbasis RT ini adalah bagian dari upaya Pemkot Makassar melalui program Makassar Recover untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk ikit menyukseskan program ini demi tercapainya target vaksinasi seperti amanat Presiden Joko Widodo.

“Semua pihak tentu kita harap ikut membantu. Pemkot tentu perlu dukungan TNI-Polri dan pihak swasta. Begitu juga dukungan Pemprov Sulsel dengan memprioritaskan alokasi vaksin ke pemerintah daerah agar program ini bisa terlaksana”, ucap dia.

Sekedar diketahui, saat ini Pemkot Makassar terus melakukan upaya penanggulangan Covid-19. Sikap itu terlihat setelah disiapkan Isolasi Apung Terpadu di KM Umsini untuk warga yang bergejala ringan dan tanpa gejala, hingga membuat program Swab on The Road bersama TNI-Polri guna untuk memassifkan tracing.(As)

Comment