by

Sebut RMS Terkuat Pilgub Sulsel 2024, Pengamat: Jika Adnan atau DP Wakilnya

Rusdi Masse (int)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Gambaran tentang Pemilihan Gubernur Sulsel 2024 (Pilgub) mulai terlihat perlahan lahan. Ada 4 calon Gubernur yang mulai terlihat diperbincangkan masyarakat yakni Nurdin Halid (NH), Rusdi Masse (RMS), Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Sementara pada kursi Wakil Gubernur ada nama Danny Pomanto (DP), Adnan, Indah Putri Indriani (IDP) dan Iwan Darmawan Aras.

‘FooterBanner’


Menanggapinya, Pengamat Politik dan Kebijakan Publik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan (PKPK) Muh. Saifullah mengatakan, jika benar nantinya akan seperti itu maka dua partai besar akan fokus menggaet calon internalnya sendiri.

Diketahui, Golkar 13 kursi, Nasdem 12 kursi, Gerindra 11 kursi, Demokrat 10 kursi, PDI-P, PKB dan PKS 8 kursi, PAN 7 kursi, PPP 6 kursi, Hanura dan Perindo 1 kursi. Adapun syarat usungan calon diketahui 17 kursi.

“Golkar Nasdem bisa pakai kader sendiri, misalnya NH- IDP dan RMS-Danny. Baik Golkar dan Nasdem sisa butuh satu partai buat genapkan syarat pencalonan,” kata Saiful, Rabu (11/8/2021).

Menurut Saiful, wakil dari Makassar memang diperhitungkan mengingat DPT Makassar sendiri sekitar 900 ribu suara pada tahun 2020 lalu, atau sekitar 15 persen dari DPT Sulsel yang sekitar 6 juta suara.

BACA JUGA:  Kodim 1707 Merauke Gelar Serbuan Vaksinasi di SMP Negeri 1 Merauke

“Saat ini jika betul calon yang maju seperti diatas, maka yang terbaik bagi RMS adalah menggandeng Adnan dan DP jika berdasarkan basis suara,” tegas Saiful.

Adapun alasannya menurut Saiful, pertama figur RMS sudah banyak yang suka. RMS selain sukses jadi Bupati Sidrap dua periode juga terbukti sukses sebagai ketua Nasdem Sulsel. Adapun Nasdem peringkat kedua setelah Golkar di Sulsel. Jadi parameternya sudah punya insfratruktur politik dan jaringan politik yang kuat di 24 kabupaten kota.

Sementara untuk wakil RMS jika Adnan jelas kuat karena yang terbaru Adnan menang di Gowa dengan perolehan 377 ribu suara (91%). Begitupun dengan DP yang menang di Makassar 218 ribu suara.

“Jadi jika dilihat DPT Sulsel 6 juta suara, Adnan sudah kantongi 6% dan DP 4%. Itu belum berhitung suara diluar Gowa dan Makassar nantinya kalau mulai kampanye kan,” jelas Saiful.

“Khusus basis Gowa dan Makassar, DP masih berpeluang menambah suara dari Makassar. Sementara Adnan sudah agak mentok karena sudah 91 pesen kan,” sambung Saiful.

“Jadi posisi saat ini menurut saya RMS masih calon Gubernur terkuat,” pungkas Saiful. (Ar)

Comment