by

Coretan Redaksi: Pemimpin atau Penguasa

Nelson Mandela

Smartcitymakassar.com – APA yang membedakan antara pemimpin dan penguasa? Barangkali sejarah tak akan kering dengan sumber mengenai hal ini. Sederet contoh bisa kita bentang lebarkan untuk mempertegas garis demarkasi antara pemimpin dan penguasa. Nelson Mandela, misalnya, atau Mahatma Gandhi adalah sosok yang tak pernah kering dengan kisah yang membawa inspirasi. Mereka adalah tipikal seorang pemimpin. Seorang yang telah selesai dengan dirinya sendiri. Mereka adalah oase yang memberi kesejukan dalam beringasnya praktik politik di zamannya.

Suatu kisah hidup yang dengan kalem memperteguh kemanusiaan kita yang paling murni. Tentang sikap memaafkan, redah hati dan membangun sebuah harapan.

‘FooterBanner’


Di kutub yang lain, ada seorang penguasa. Sosok ini tidak dihormati namun ditakuti. Seluruh benaknya hanya digumpali dengan hasrat kekuasaan dan kehausan akan melipatgandakan kekuasaan yang dimilikinya. Pada umumnya (atau memang semuanya), sosok penguasa berangkat dari motif egoisme yang bersifat megalomania. Kekuasaan yang menggiurkan menjadikan mereka sosok Leviathan dalam istilah pemikir Thomas Hobbes. Sosok moster yang yang diambil dari Al Kitab yang mampu “membengkokkan” kebusukan menjadi kebenaran. Leviathan adalah pencetus pertama bagaimana cara memutarbalikkan fakta. Sosok purba tentang keberhasilan pencitraan yang memabukkan.

BACA JUGA:  Coretan Redaksi: Penegakan Kedaulatan Indonesia Perlu Dipertegas

Hitler, Polpot adalah contoh sosok dalam sejarah yang memberi kita perasaan jengah dan sesak tentang hancurnya kemanusiaan. Sebuah sejarah tragis yang pernah terjadi dan terus membayangi kegagalan manusia dalam menciptakan hidup yang lebih manusiawi.

Pemimpin dan penguasa adalah sebuah pilihan. Namun juga bisa merupakan watak yang memang menjadi dasar sifat seseorang. Yang pasti, seorang pemimpin senantiasa dirindukan dan seorang penguasa kerap menjadi bayang kecemasan kita semua.

Di negeri ini. Di Indonesia ini, mana yang lebih banyak kita lahirkan? Seorang pemimpin atau penguasa. (Ip)

Comment