by

Video Dokumenter Baju Adat Rampi Oleh Tita Kamila

Foto: istimewa/smartcitymakassar.com

Smartcitymakassar.com –Ku langkahkan kaki ku disebuah daerah terpencil, jauh dari Kota tempatku waktu kecil. Desanya tinggi, bahkan dingin saat terik matahari. Alam dan penghuninya saling mencintai. Seperti juga budaya yang mereka sayangi, budaya yang masih kental adat dan kearifan lokal. Seakan peninggalan akan tetap kekal karena nenek moyang memberi bekal”.

Inilah kata pembuka dari Video dokumenter tentang Rampi yang berjudul ‘Rampi Wooden Pabric For Clothes’ atau Pabrik Kayu Rampi Untuk Pakaian.

‘FooterBanner’


Diketahui Rampi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan. Rampi adalah kecamatan terpencil. Meski hanya Jarak kira-kira 86 km dari ibu kota kabupaten Masamba, namun satu-satunya akses transportasi untuk ke kecamatan Rampi adalah melalui pesawat udara di bandar udara Rampi, yang melayani rute Rampi-Masamba. Ibu kota kecamatan Rampi adalah Onondowa.

Video ini didokumentasikan salah satu putri asli daerah Lutra yang juga ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lutra, Tita Kamila, SE. Genpi sendiri sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). GenPI merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata go digital yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia.

BACA JUGA:  Danren 174 Merauke Sambut Pangdam VI Mulawarman dengan Tarian Adat Saat Silaturahmi di Makorem 147 Merauke

Setelah izin dengan Tita, Kamis (29/7/2021), Redaksi mencoba mengangkat video dokumenter ini dalam berita, karena berisi informasi yang sangat berguna bagi masyarakat.

Tita sendiri saat ini telah beraktivitas atau bekerja di Jakarta. Tujuan ke Rampi sekitar bulan Mei 2021 lalu atas niat dirinya sendiri, terkhusus untuk mengetahui lebih jauh tentang baju adat Rampi.

“Salah satu warisan bersejarah terbuat dari pohon dan getah, baju kulit kayu yang gagah. Merupakan mahakarya warisan budaya”, jelas Tita dalam video dokumenternya. (Ip)

Berikut video Dokumenter Tita Kamila tentang baju adat Rampi:

https://youtu.be/FWYV0UoYo0w

Comment