by

Pakai Kendaraan Pribadi Keluar dan dari 17 Kab/kota di Sulsel Harus Pakai Surat Vaksin dan Negatif Tes RT-PCR, Ini SE Satgas Covid-19 Pusat

Pakai Kendaraan Pribadi Keluar dan dari 17 Kab/kota di Sulsel Harus Pakai Surat Vaksin dan Negatif Tes RT-PCR, Ini SE Satgas Covid-19 Pusat (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Edaran yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito ini berlaku efektif mulai tanggal 26 Juli 2021.

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 26 Juli 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan ataupun hasil evaluasi dan kementerian/lembaga,” disebutkan dalam SE.

‘FooterBanner’


Dalam ketentuan protokol kesehatan yang tertuang dalam SE pada poin 3 juga disebutkan bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) harus mengikuti ketentuan:

c. Pelaku perjalanan dengan moda transportasi laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antarkota dari dan ke daerah yang ditetapkan melalui Inmendagri sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan PPKM Level 3 wajib menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Kab/Kota mana yang ditetapkan melalui Inmendagri sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan PPKM Level 3?

BACA JUGA:  BBIHP Sosialisasikan Alat Pengusir Hama Rumput Laut "USIRIKAN" di Pangkep dan Takalar

1. PPKM level 4 di Sulsel sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Adapun Kab/Kota yang ditetapkan PPKM level 4 adalah Makassar dan Tana Toraja.

2. Sedangkan PPKM level 3 di Sulsel sesuai Inmendagri Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Adapun Kab/Kota yang ditetapkan PPKM level 4 diantaranya:

1. Bantaeng

2. Barru

3. Gowa

4. Jeneponto

5. Selayar

6. Palopo

7. Pare-Pare

8. Luwu Timur

9. Luwu Utara

10. Maros

11. Pangkep

12. Sidrap

13. Soppeng

14. Takalar

15. Toraja Utara

Artinya, jika berdasarkan SE diatas, maka Pelaku perjalanan dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum dari dan ke daerah yang ditetapkan diatas (2 Kab/kota level 4 dan 15 kab/kota level 3), wajib menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR. (Ip)

Berikut selengkapnya SE Nomor 16 Tahun 2021 dari Satgas) Penanganan COVID-19:

Comment