by

Luwu Utara Termasuk Daerah yang Dapat Bantuan Subsidi Upah?

Ilustrasi subsidi upah

Smartcitymakassar.com – Lutra. Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan, telah mengambil kebijakan Penerapan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 360/184/BPBD/VII/2021 tentang penerapan PPKM level 3 dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 tingkat Desa/Kelurahan sebagai upaya pengendalian penyebaran covid-19 di Luwu Utara. SE ini ditandatangai oleh Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani beberapa waktu lalu.

Penerapan PPKM level 3 Lutra ini juga tercantum pada Intruksi Mendagri (inmendagri) nomor 26 Tahun 2021

‘FooterBanner’


tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan corona virus disease 2019 ditingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran corina virus disease 2019. Dalam inmendagri terbaru ini ada 14 Kab/Kota di Sulsel ditetapkan kriteria Level 3 (tiga) berdasarkan assesmen oleh Kementerian Kesehatan, termasuk Kabupaten Lutra.

*Bantuan Subsidi Upah Bagi PPKM Level 3

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (25/7/2021), secara lebih rinci, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam Keterangan Pers mengenai Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/07/2021) malam, secara virtual menyampaikan, terdapat sejumlah program Perlindungan sosial (perlinsos) yang diberikan kepada masyarakat selama PPKM Level 4.

BACA JUGA:  Dosen Prodi Manajemen FEB UNM Lakukan Pengabdian Pada Masyarakat

Namun dalam penjelasan Airlangga mengatakan, Pemerintah juga mengalokasikan tambahan anggaran untuk Program Prakerja serta pemberian Bantuan Subsidi Gaji/Upah untuk Pekerja/Buruh (BSU) sebesar Rp8,8 triliun dan sisanya Rp1,2 triliun akan diberikan kepada Kartu Prakerja.

“Bantuan Subsidi Upah ini diberikan kepada pekerja yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan dan ini untuk [PPKM] Level 3 dan Level 4, untuk diberikan bantuan ini dua kali Rp600 ribu,” jelas Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto.

Sebagai informasi, subsidi upah diberikan sebesar Rp 500.000 untuk dua bulan kepada pekerja yang memenuhi ketentuan. Atau besaran bantuan subsidi gaji yang akan diterima oleh pekerja adalah sebesar Rp 1 juta.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi selain upah di bawah Rp 3,5 juta, juga terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2021. (Ip)

Comment