by

LaporCOVID-19: 265 Orang Meninggal di Luar Fasilitas Kesehatan

Inisiator LaporCovid-19 Irma Hidayana. (Foto: Irma H)

Smartcitymakassar. Jakarta. Inisiator LaporCOVID-19 Irma Hidayana mengatakan pihaknya mendapat banyak permintaan tolong dari masyarakat untuk penanganan COVID-19 pada Juni-Juli 2021. Namun, hampir 90 persen permintaan tolong tersebut tidak dapat dipenuhi rumah sakit atau ruangan sudah hampir penuh. LaporCOVID-19 mencatat sedikitnya 265 orang yang terinfeksi corona meninggal di luar fasilitas kesehatan pada Juni-Juli 2021.

“Kalau sekarang sudah terlalu banyak sekali angka kesakitan dan kematian yang sebetulnya bisa dapat dicegah,” jelas Irma.

‘FooterBanner’


Irma juga mengkritisi data pemerintah yang tidak cukup menggambarkan fakta di lapangan. Sebab, kata dia, data lonjakan kasus COVID-19 terkini berasal dari jumlah tes yang rendah atau jauh di bawah 70 ribu orang. Itupun, kata dia, sebagian besar berasal dari DKI Jakarta sehingga tidak menggambarkan keseluruhan wilayah.

BACA JUGA:  Inilah Total yang Telah Divaksin Dosis Lengkap di Indonesia Hari Ini

Selain itu, kata Irma, perbedaan data angka kematian akibat corona secara nasional juga memiliki selisih yang cukup tinggi dengan data yang dipublikasikan kabupaten/kota.

“Belum lagi kita menghadapi infeksi COVID-19 kepada tenaga medis kita yang tinggi. Jumlah kematian pada Juni 2021 ini juga cukup tinggi meski sebagian besar sudah divaksin,” imbuhnya.

Irma meminta pemerintah untuk meminta maaf kepada masyarakat karena tidak dapat menangani pandemi corona dengan baik dan memberikan bantuan konkret ketimbang melakukan pencitraan Indonesia dalam keadaan baik. (VOA)

Comment