by

Terungkap, Sudah 146 TKA Cina Masuk Sulsel Tahun Ini

TKA asal Cina yang masuk ke Sulsel (int)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Viralnya 20 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang masuk ke Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (3/7/2021) malam, akhirnya mengungkapkan jika sejak awal Januari 2021 total TKA yang telah masuk ke Sulsel sebanyak 228 orang, untuk bekerja di sejumlah proyek strategis.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, ratusan TKA ini masuk Sulsel melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulsel.

‘FooterBanner’


“Total TKA penempatan khusus di Sulsel, mulai 1 Januari 2021 sampai dengan 24 Juni berjumlah 228 orang,” ungkap Darmawan kepada wartawan, Minggu (4/7/2021).

Khusus untuk TKA asal China yang telah mulai bekerja di di Sulsel, menurut Darmawan sebanyak 146 orang.

“Khusus untuk TKA dari China berjumlah 146 orang,” jelas Darmawan.

Sebelumnya, Darmawan juga mengungkapkan sejak bulan Juni-Juli 2021 ini total TKA Cina yang masuk 46 orang melalui 3 kelompok terbang, yakni tanggal 29 Juni lalu masuk 8 orang, tanggal 1 Juli ada 17 orang, dan tanggal 3 Juli masuk 20 orang.

BACA JUGA:  Bulat Dukung Andi Nurhidayati Pimpin PPP Soppeng, 8 PAC Usul Nama Ini Sebagai Formatur

“Sudah tiga kali. Tanggal 3 Juli kemarin 20 orang. Totalnya, 46 orang,” jelas Darmawan.

Sebagai informasi, sebanyak 20 TKA asal China diketahui masuk melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, di tengah penerapan PPKM darurat Jawa Bali yang dimulai 3-20 Juli mendatang.

Para TKA China itu disebut bekerja kontrak dengan Smelter PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia. Adapun puluhan orang TKA ini selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Bantaeng dengan mengendarai bus yang telah disediakan oleh perusahaan smelter. (Ip)

Comment