by

Meski Tenaga Ahli, 20 TKA Cina di Bantaeng Masih Masa Percobaan Sebulan di Perusahaan

Konferensi pers Imigrasi Makassar

Smartcitymakassar.com – Makassar. Sebanyak 20 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu (3/7/2021) menjadi viral. Apalagi pemerintah pusat tengah melakukan PPKM darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Padahal ternyata 20 TKA Cina tersebut belum mengantongi izin kerja.

‘FooterBanner’


Kepala Kantor Imigrasi Makassar Agus Winarto mengatakan 20 TKA Cina ini masih menunggu izin IMTA dari kementerian ketenagakerjaan yang belum keluar.

“20 orang ini masih menunggu notifikasi dari Kemenaker. Yang keluarkan izin kerja kan dari Kemenaker, kami hanya izin tinggal untuk bekerja,” ujar Agus pada konfrensi Pers, Senin, (5/7/2021).

Olehnya menurut Agus, kantor Imigrasi Makassar masih memberi izin tinggal hingga 30 hari mendatang. Jika dalam waktu 30 hari izin IMTA-nya belum keluar, maka mereka akan dipulangkan.

“Kalau 30 hari belum ada notifikasinya belum keluar, maka mereka akan pulang,” kata Agus.

Saat ditanya wartawan soal regulasi apakah tanpa izin kerja baru diurus setelah masuk ke Daerah tempat kerja, Agus menjelaskan bahwa masa 30 hari tersebut merupakan masa uji coba para TKA tersebut di Perusahaan tepat mereka bekerja.

BACA JUGA:  Seminar Integrasi Ekosistem Indonesia Financial Group, Rapsel Ali: IFG Tonggak Utama Penggerak Industri Finansial

“Jadi kalau pada masa uji coba mereka dianggap tak mampu, Perusahaan akan memulangkan mereka,” jelas Agus.

“Apabila izin kerja telah dikeluarkan kementerian Tenaga Kerja, maka imigrasi akan mengeluarkan izin tinggal”, sambung Agus.

“Jadi saat ini mereka izin tinggal hanya uji coba tenaga ahli di Perusahaannya selama 30 hari,” tegas Agus.

Sebagai informasi, dilansir dari website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, Informasi peraturan keimigrasian selama masa Pandemi Covid-19 menjelaskan bahwa Pemerintah Republik Indonesia melarang sementara Orang Asing untuk memasuki/transit di Wilayah Indonesia.

Siapa saja yang dapat masuk ke wilayah Indonesia?

Pemilik Visa tinggal terbatas yang diberikan untuk melakukan kegiatan: (h) calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba keahlian.

Adapun Permohonan Visa Republik Indonesia di Perwakilan RI untuk sementara dibatasi hanya untuk permohonan Visa Diplomatik, Visa Dinas, dan bagi Orang Asing yang akan bekerja pada Proyek Strategis Nasional. (Ip)

Comment