by

Ukraina Babak Belur Hadapi Inggris di Perempat Final Euro 2020

Selebrasi Inggris atas kemenangannya atas Ukraina (Alberto Pizzoli)

Smartcitymakassar.com – Langkah Ukraina terhenti di perempat final Euro 2020 di Stadion Olimpico, Minggu (4/7). Tim asuhan Andriy Shevchenko ini harus menelan pil pahit kalah telak dari Inggris 0-4.

Di babak pertama, The Three Lions langsung menggebrak pertahanan Ukraina. Hasilnya di menit ke 4, Inggris langsung dapat membobol gawang Ukraina berkat gol Harry Kane. Keunggulan Inggris tetap bertahan hingga penutupan babak pertama.

‘FooterBanner’


Di babak kedua, Inggris menambah tiga gol lagi. Menariknya, ketiga gol tersebut tercipta lewat sundulan.

Harry Maguire mencetak gol cepat di awal babak kedua untuk menggandakan keunggulan Inggris. Kane dan Jordan Henderson kemudian menambah gol untuk Inggris.

Lolos ke semifinal, Inggris akan menghadapi Denmark pada 7 Juli. Denmark sudah lebih dulu lolos ke semifinal usai menang 2-1 atas Republik Ceko, Sabtu (3/7/2021) dini hari Wita.

Inggris sudah unggul cepat saat laga baru berjalan empat menit. Raheem Sterling yang menusuk dari sisi kiri kemudian melepaskan umpan terobosan yang dituntaskan dengan sempurna oleh Harry Kane di kotak penalti.

Inggris selanjutnya nyaman menguasai permainan. Sementara itu, Ukraina sesekali menyerang balik.

Kesalahan Kyle Walker dalam mengoper bola memberi Ukraina kesempatan untuk menyerang balik. Roman Yaremchuk yang memotong bola kemudian menggirinnya hingga ke kotak penalti Inggris. Meski dikawal John Stones, Yaremchuk masih bisa melepaskan tembakan ke arah gawang dengan kaki kiri. Namun Jordan Pickford masih bisa menghalau bola.

Inggris mendapat tendangan bebas di sisi kiri menyusul pelanggaran terhadap Sterling. Luke Shaw mengirim bola ke kotak penalti yang disambut Kane dengan sundulan, tapi bola masih melambung di atas mistar gawang Ukraina.

Declan Rice menyambar bola muntah di luar kotak penalti. Kiper Ukraina Georgi Bushchan masih bisa menepis bola.

BACA JUGA:  Presiden China Berjanji Capai Penyatuan Kembali Secara Damai dengan Taiwan

Serangan Inggris kembali belum membuahkan hasil. Jadon Sancho melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan tarik dari Luke Shaw. Namun sepakan Sancho itu masih mengarah ke Bushchan.

Di awal babak kedua, Inggris kembali mencetak gol cepat. Dua menit usai laga paruh kedua dimulai, Harry Maguire menjebol gawang Ukraina untuk menggandakan keunggulan Inggris.

Gol ini berawal dari tendangan bebas yang didapat Inggris menyusul pelanggaran Serhiy Sydorchuk kepada Kane. Shaw yang jadi eksekutor mengirim bola ke kotak penalti yang diteruskan Maguire dengan sundulan.

Inggris membuat Ukraina makin terbenam dengan mencetak gol ketiga pada menit ke-50. Kane sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Inggris unggul 3-0. Umpan silang Shaw disambut Kane dengan sundulan dari jarak dekat.

Unggul tiga gol tak membuat Inggris mengendur. Kane menebar ancaman ke gawang Ukraina dengan tembakan voli kaki kiri yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Ukraina. Namun Bushchan masih bisa menepis bola.

Inggris menambah keunggulan pada menit ke-63. Tendangan sudut Mason Mount disambut sundulan oleh Jordan Henderson. Gelandang milik Liverpool itu mampu melepaskan diri dari kawalan bek-bek Ukraina dan menanduk bola dengan leluasa.

Ukraina mencoba membalas lewat tembakan Makarenko dari luar kotak penalti. Pickford mengantisipasi bola dengan baik dan menepisnya.

Tak banyak peluang yang diciptakan oleh kedua tim di sisa waktu pertandingan. Skor 4-0 untuk Inggris bertahan hingga laga usai dan mereka lolos ke semifinal Euro 2020. (Ar)

Comment