by

Abdul Hayat Apresiasi Indeks Ketahanan Daerah BNPB

Abdul Hayat Apresiasi Indeks Ketahanan Daerah BNPB

Smartcitymakassar.com – Makassar. Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengapresiasi langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadikan skala prioritas indeks ketahanan daerah di saat pandemi Covid-19 ini.

“Tentu pada malam hari ini kita memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), karena sudah melakukan pemetaan indeks ketahanan daerah,” kata Abdul Hayat dalam sambutannya, di acara pelatihan penyusunan Indeks Ketahanan Daerah (IKD), di Grand Asia Hotel, Senin 28 Juni 2021.

‘FooterBanner’


IKD merupakan upaya pengurangan Indeks Resiko Bencana (IRB) pemerintah kabupaten kota se-Sulsel, dengan kelompok sasaran BPBD provinsi, BPBD kabupaten kota, Dinas Sosial kabupaten kota dan Bappeda kabupaten kota se-Sulsel.

“Kita berharap kita semua tetap menjaga protokol kesehatan supaya kita bisa menjaga supaya Sulsel tidak masuk zona merah pandemi Covid-19. Ini tergantung kita semua bagaimana kita merawat, menjaga dan mendisiplinkan diri untuk kepentingan kita sendiri dan kepentingan orang lain pada umumnya,” terangnya.

BACA JUGA:  Tinjau Langsung Vaksinasi Pelajar SMP 5 Makassar, Camat Wajo: Kami Apresiasi Antusias Pelajar dan Orang Tua

Menurut Abdul Hayat, bila dilakukan dengan baik, pengumpulan resiko bencana alam maupun sosial lebih dini, semua persoalan bisa diatasi. Terlebih saat ini, semua wilayah sedang menghadapi bencana sosial seperti Covid-19.

“Bencana sosial yang saat ini terjadi, sementara kita cari titik temunya. Pandemi itu termasuk juga bencana sosial karena ini wabah, interaksi antara manusia ke manusia,” tuturnya.

Dirinya berharap, perwakilan dari kabupaten kota se-Sulsel bisa membawa pulang hal penting dalam kegiatan tersebut.

“Kita bisa melihat bagian-bagian mana yang bisa kita pastikan untuk kita kawal, segera kita lakukan antisipasi dan pencegahan. Kenapa pencegahan? karena itu jauh lebih murah,” tutupnya. (*rls)

Comment