by

Hasil yang Mengejutkan, Republik Ceko Pecundangi Belanda 2-0

Belanda vs Republik Ceko

Smartcitymakassar.com – Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Belanda vs Republik Ceko menghadirkan kejutan yang di luar dugaan. Belanda harus mengakui keunggulan Republik Ceko dengan menelan pil pahit kalah 0-2 pada laga yang belangsung di Puskas Arena, Minggu (27/6)

Kemenangan Republik Ceko dianggap mengejutkan karena hanya sedikit yang meyakini mereka bisa meraih kemenangan. Sebab lawannya adalah Belanda, juara Grup C yang berhasil menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

‘FooterBanner’


Pada awal pertandingan, Belanda sempat menebar beberapa ancaman ke gawang Republik Cek melalui aksi Matthijs de Ligt dan Denzel Dumfries. Sayang, keduanya gagal menghasilkan gol buat Die Oranje.

Republik Ceko mulai memberikan respon menjelang akhir pertandingan. Pada menit ke-38, Antonin Barak berada dalam situasi satu lawan satu dengan Maarten Stekelenburg. Namun ia gagal mencetak gol karena De Ligt berhasil mengantisipasi pergerakannya dengan sangat baik.

Pertarungan sengit antara kedua negara harus dihentikan oleh jeda babak pertama. Skor imbang 0-0 bertahan sampai wasit meniupkan peluit untuk menghentikan permainan.

Di awal babak kedua, Belanda semakin rajin melancarkan serangan ke pertahanan Republik Ceko. Sayangnya, Dewi Fortuna tidak berpihak kepada mereka. Aroma keterpurukan tercium di menit ke-52.

De Ligt melakukan tackling keras terhadap Patrik Schick di tepi kotak penalti Belanda. Pada mulanya, wasit memberikan kartu kuning kepada bek Juventus tersebut. Namun intervensi VAR mengubah pikiran wasit dan memberi De Ligt kartu merah.

Belanda masih bisa memberikan perlawanan meski tampil dengan 10 orang. Sayangnya, hanya tinggal menunggu waktu saja sampai Republik Ceko mencetak gol. Benar saja, Thomas Holes membuat Republik Ceko unggul 1-0 di menit ke-68.

Penderitaan Die Oranje tidak sampai di situ saja. Pada menit ke-80, Republik Ceko memberika pukulan telak dengan gol yang dicetak Schick, memanfaatkan asis dari Holes. 10 menit waktu yang tersisa sangat sedikit buat Belanda untuk menyamakan kedudukan.

Masa injury time selama enam menit tidak membantu Belanda. Pada akhirnya, pasukan Frank de Boer tersebut harus berhenti di babak 16 besar. Di sisi lain, Republik Ceko resmi menjadi tim ketiga yang telah dipastikan melaju ke perempat final. (Ar)

Comment