by

Persentase RT dengan Sumber Air Minum Tak Bersih Terbesar ke-3 di Sulsel, Upaya Apa Dilakukan Pemkab Lutra?

Foto: Pemkab Luwu Utara

Smartciyymakassar.com – Lutra. Usaha Pemkab Luwu Utara (Lutra) untuk menghadirkan sumber air layak dan aman dikonsumsi terus dilakukan.

Menurut data BPS, Persentase Rumah Tangga (RT) Menurut Sumber Air Minum Bersih. Sumber Air Minum Layak dan Kabupaten/Kota. 2020, adapun Kabupaten Luwu Utara kategori ‘sumber air minum tak bersih’ persentasenya terbesar ke – 3 di Sulsel.

‘FooterBanner’


Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, telah meresmikan pembangunan program Pamsimas TA 2020, pada Jumat (18/6/2021), di Desa Dodolo, Rampi.

Pada kesempatan itu, sebanyak 65 kepala keluarga (328 jiwa) di Desa Dodola Kecamatan Rampi, kini sudah dapat menikmati air bersih dan sehat, melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun Anggaran 2020.

BACA JUGA:  23 Lurah di Makassar Terancam Diberhentikan, Siswanto Attas: Jika Tidak Terbukti, Pasti Kita Kembalikan

“Daerah kita memiliki cukup banyak sumber air, tapi walaupun kelihatannya bersih, belum tentu air tersebut layak dan aman dikonsumsi,” kata Indah pada kesempatan itu, dilansir dari website Pemkab Lutra, Rabu (23/6/2021).

“Kita bersyukur bahwa di Rampi tersisa satu desa yang belum menikmati kehadiran program ini. Semoga tahun ini bisa dituntaskan, sehingga program pemerintah, di mana pada 2030, air minum aman dan sanitasi 100% itu dapat tercapai,” harap Indah.

Sebagai informasi, pembangunan Pamsimas hasil kolaborasi APBD II dan Dana Sharing Desa 10% serta konstribusi warga dalam bergotong-royong. (Ip)

Comment