by

FSKN dan Pemkot Makassar Berkomitmen Edukasi Masyarakat Soal Budaya Makassar

Keterangan: Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) mengunjungu Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, di ruang kerjanya di Balaikota Makassar, Senin (21/6/2021) / foto: ist.

Smartcitymakassar.com, Makassar. Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) mengunjungu Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, di ruang kerjanya di Balaikota Makassar, Senin (21/6/2021).

Dalam kunjungan yang dipimpin Ketua FSKN Sulsel, Jenderal Latif Karaeng Turikale, diketahui ada banyak budaya yang perlu dilestarikan dan diedukasi ke anak didik.

‘FooterBanner’


“Adat istiadat, sejarah leluhur dan budaya yang ada di tanah Makassar jangan sampai tergerus zaman,” ucap Karaeng Turikale.

“Perlunya pemerintah dan semua pihak melestarikannya dengan memberikan ruang pada FSKN untuk bersama-sama mengedukasi para anak didik sebagai generasi penerus bangsa,” sambungnya.

Bagai gayung bersambut, Wali Kota Danny Pomanto mengatakan bahwa dirinya akan memperkuat pariwisata di Makassar dengan mengutamakan pengenalan budaya pada pelajar di Makassar.

“Tentu kita tidak akan terlepas dari budaya. Hanya saja banyak jejak sejarah yang terlupakan dan ini menjadi keprihatinan bersama. Olehnya itu ke depan akan ada program yang mengharuskan pelajar harus menguasai Bahasa Makassar,” jelas Danny.

BACA JUGA:  Smelter Terbesar di Dunia Mulai Dibangun di Gresik, Ini Penjelasan Keuntungan Buat Negara

Selain itu, jelas Dany, akan ada juga wisata lorong yang akan mengenalkan kembali sejarah dari nama jalan, nama lorong serta jenis kue tradisional yang ada di tanah Makassar.

“Nama jalanan itu semua punya sejarah, nama lorong juga jenis-jenis kue tradisional, semuanya punya cerita. Inilah yang akan dikembalikan sejarahnya dan diedukasi ke masyarakat luas,” jelasnya melanjutkan.

Dengan menggandeng FSKN Sulsel, Wali Kota Makassar berharap budaya dapat dilestarikan kembali dan menjadikan budaya Makassar sebagai identitas diri.** (Ib)

Comment