by

Ajang Temu Alumi IKATEK Unhas, EMU 2020-2021 Sukses Digelar

Smartcitymakassar.com – Makassar. Ikatan Alumni Teknik Sipil Unhas (IKATSI UH) sukses menggelar Reuni Nasional sekaligus Halal Bihalal (HBH) IKA Teknik Unhas selama dua tahun berturut-turut sejak 2020 hingga 2021.

Kegiatan yang mengusung nama ‘Engineering Meet Up (EMU) Hybrid IKATEK Unhas 2020-2021’ ini dihadiri oleh 1.125 Alumni Teknik Unhas secara online. Sementara secara offline, kegiatan itu diikuti sejumlah alumni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

‘FooterBanner’


Pada pelaksanaan secara online, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) dan Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dwia Aries Tina.

Sementara pada penyelenggaran Malam Puncak yang digelar secara offline dihadiri Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Wali Kota Makassar sekaligus Ketua IKA Arsitektur Unhas, Danny Pomanto, Ketua IKATSI Unhas, Haris Hodi, Anggota DPRD Sulsel yang juga merupakan Ketua IKATEK Sulsel Irfan AB, Pengurus IKATEK Pusat, Ketua IKA Elektro Unhas, Ketua IKA Mesin Unhas, Ketua IKA Geologi Unhas dan Ketua IKA Perkapalan Unhas, serta Dekan Fakultas Teknik Unhas.

Ketua Panitia EMU 2020-2021, Sri Wulandari mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan acara tersebut, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman maupun Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengapresiasi tema yang diusung pihak panitia yakni ‘IKATEK Bersinergi dalam Berkarya’.

“Pak Gub dan Pak Wali sangat tertarik dengan tema kita. Menurut mereka, kalau engineers itu artinya engine, karena itu menunjukkan kebersamaan dan akhirnya kita para alumni bisa bersinergi dalam berkarya,” ungkap Sri Wulandari, Rabu 16 Juni 2021.

Selain itu, lanjut Sri, Andi Sudirman Sulaiman dan Danny Pomanto yang juga merupakan Alumni Teknik Unhas sangat berterima kasih kepada Panitia Pelaksana EMU 2020-2021 yang telah semangat mempertemukan seluruh Alumnu Teknik Unhas dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri.

“Pak Gub (Sudirman Sulaiman) berterima kasih kepada panitia EMU karena semangatnya mengadakan acara silaturahmi ini. Sementara Pak Wali (Danny Pomanto) bilang ini kerja-kerja panitia tidak sia-sia, malah ada dalam pikiran beliau kalau beliau tidak hadiri ini acara ini beliau rugi. Pak Danny juga herterima kasih karena diberikan ruang untuk bersilaturahmi dengan almamaternya, baik semua senior maupun junior beliau di sela-sela kesibukannya,” kata Sri menirukan ucapan Danny Pomanto kala menghadiri EMU 2020-2021.

Mewakili Panitia, Sri pun menghaturkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh angkatan di IKATSI UH dan Plt Gubernur Sulsel serta Wali Kota Makassar atas dukungan luar biasa dari mereka sehingga EMU 2020-2021 dapat terselenggara dengan sukses dan lancar.

“Terima kasih banyak kepada seluruh angkatan dalam IKATSI atas partisipasinya menyumbangkan pikiran, tenaga, untuk menyukseskan acara ini. Terima kasih juga kami haturkan kepada Pak Gub dan Wali Kota. Ini kepuasan tersendiri yang saya rasakan karena beliau-beliau ini alumni Teknik yang luar biasa dukungannnya terhadap EMU karena semua rangkaian acara beliau hadiri. Juga kepada Pak JK dan Bu Rektor Prof Dwia Aries Tina, yang selalu menghadiri setiap kegiatan pertemuan Alumni IKA Teknik Unhas,” ucap Sri Wulandari.

BACA JUGA:  Wali Kota Makassar: Dukung Penuh Program Langit Biru Pertamina, ASN Diwajibkan Gunakan BBM Ramah Lingkungan

Sementara itu, Ketua Umum IKA Teknik Unhas, Haedar A Karim dalam sambutannya di rangkaian kegiatan EMU 2020-2021 menyampaiian komitmen IKA Teknik untuk terus mendukung Kampus Unhas agar terus maju dan berkembang sebagai almamater kebanggaan.

“Kami (alumni Teknik Unhas) berkomitmen untuk mendukung Unhas agar terus maju dan berkembang sebagai almamater kebanggaan kami,” kata Haedar Karim.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IKATSI Unhas Haris Hodi mengungkapkan apresiasinya kepada Panitia EMU 2020-2021 yang sudah bekerja keras menyelenggarakan silaturahmi Alumni Teknik Unhas selama dua tahun berturut-turut.

“Terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras dan sangat profesional, terorganisir dengan baik dan sangat kompak sehingga mereka bisa membuat suatu acara yang sangat spektakuler, dan semua alumni baik hadir maupun tidak hadir merasa senang dengan rangkaian penyelenggaraan EMU ini baik yang dilaksanakan secara online maupun offline,” tutur Haris Hodi.

“Hanya dalam waktu singkat, mereka bisa membuat beragam kegiatan, seperti Fun Run, Halal Bihalal (HBH), bahkan ada empat kegiatan yang disiapkan hanya dalam kurun waktu 10 hari. Saya kira kerja keras mereka luar biasa. Itulah bukti bahwa IKATSI sangat profesional dan bekerja tanpa pamrih,” tambahnya.

Penanggung Jawab Acara EMU 2020-2021, Iim memaparkan sejumlah rangkaian acara yang telah berhasil digelar pihak panitia dalam kurun waktu 2020-2021.

Adapun sejumlah acara tersebut, kata Iim, yakni pada 2020 panitia telah menggelar EMU Golf Tournament Rektor Unhas Cup (pertama kali digelar selama Unhas berdiri), EMU HBH Virtual dan EMU Fun Run.

“Sementara pada 2021, panitia melaksanakan Pra EMU IKATEK UH tanggal 12 Juni 2021 di Lapangan Goro Pertandingan Domino dan Fun Futsal Alumni Teknik Unhas, Acara Fun Bike EMU 2021. Start dari Hotel The Rinra dan finish di Rujab Plt Gubernur Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Untuk acara puncak, lanjut Iim, dilaksanakan pihaknya pada 12 Juni 2021 di Hotel The Rinra Makassar yang dihadiri sejumlah Alumni Teknik Unhas dari seluruh Indonesia.

“Kegiatan acara puncak diisi dengan ceramah pendakwah kondang, Ustaz Maulana serta penampilan dari Fadly Padi Reborn. Juga turut dilakukan Serah Terima Kepanitiaan HBH 2022 dari Ketua Umum IKA Teknik kepada IKA Arsitektur Unhas,” tambahnya.

Iim pun menekankan bahwa seluruh kegiatan EMU 2020-2021 melibatkan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Makassar dan menerapkan Prokes yang sangat ketat sesuai dengan Instruksi Wali Kota Makassar.

“Seluruh peserta kegiatan sebelum memasuki arena acara diwajibkan melaksanakan Test Genose yang difasilitasi oleh Team Makassar Recovery, Panitia EMU IKATEK UH 2021 dan Management Hotel The Rinra Makassar,” pungkasnya**(Jen)

Comment