by

Bertema Unggul, Inovatif dan Bermoral Agama, ITB Kalla Undang Calon Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Bertema Unggul, Inovatif dan Bermoral Agama, ITB Kalla Undang Calon Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Smarcitymakassar.com – Makassar. Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla siap lahirkan pengusaha dan Profesional masa depan di dunia yang telah berubah dan terus berubah. generasi muda harus disiapkan untuk menghadapi masa depan yang penuh perubahan.

Masa industri 4.0 menuntut dunia pendidikan melakukan penyesuaian diri dalam sisi kurikulum, proses belajar, people dan teknologi.

‘FooterBanner’


Hal ini disampaikan Arifin SE., M.Si., Ak., CA, Wakil Rektor 1 Kampus ITB Kalla dalam konferensi pers ITB Kalla, Senin (14/6) di Lobby Office Building Mall Nipa lt.2. kota Makassar.

Jadi solusinya, kata Arifin yaitu Perguruan Tinggi harus siap melahirkan Profesional yang berdaya saing tinggi dan calon pengusaha yang siap membuka lapangan kerja. Institut Toknologi dan Bisnis Kalla (ITB Kalla) hadir untuk menjadi bagian dari solusi: siap melahirkan pengusaha dan Profesional masa depan.

Terdapat 4 Program studi yang sesuai dengsn kebutuhan masa depan yaitu Kewirausahaan, menajemen Retail, Bisnis Digital, dan sistem Informasi dari setiap prodi siap melahirkan pengusaha dan profesional di bidangnya seperti entrepreneur, Konsultan Bisnis, perencanaan berkelanjutan dan sebagai pendidik profesional.

Saat ini diketahui lapangan kerja yang tersedia lebih sedikit dibanding lulusan perguruan tinggi.

Data tahun 2019 dari Kemendikbud menunjukkan di Sulsel terdapat 59.567 Sarjana. namun hanya tersedia 11.253 lapangan kerja atau hanya 19% dari kebutuhan. Artinya terdapat 81% yang tidak terserap atau menganggur. data BPS 2020 juga menunjukkan jumlah pengangguran terbuka tingkat Sarjana yang terus bertambah sebanyak 31% dari 746 ribu pada tahun 2019 menjadi 941 ribu pada tahun 2020.

BACA JUGA:  Mengapa Makassar PPKM Mikro Level 4?

Arifin SE., M.Si., Ak., CA mengatakan pihaknya mengundang rekan-rekan media salah satunya untuk memberikan informasi bahwa ITB Kalla membuka kesempatan untuk para calon Mahasiswa baru di Kampus ITB (Institut Teknologi dan Bisnis Kalla).

“Ada dua Misi utama kami yaitu Kampus ITB Kalla ini akan melahirkan calon pengusaha mudah dan juga membentuk karakter calon profesional”, katanya.

Menurut Arifin, mahasiswa akan menjadi sangat dekat dengan dunia Bisnis karena mereka seringkali datang berkunjung di Kalla Group

“Biasanya kampus lain itu turun lapangan kalau ada KKLP dan KKN saja tetapi sistem dalam kampus kita ITB Kalla ini tugas mata kuliah saja itu sudah mulai turun praktek lapangan untuk bertanya dan ingin mengetahui dengan mengobservasi yang mereka ingin ketahui tentang berbagai hal”, ujarnya.

Jadi mereka, imbuh Arifin, akan menjadi lulusan yang sudah memahami aspek prakter dunia kerja itu seperti apa dengan mereka unggul maka dari itu lulusn dari Kampus ITB Kalla tidak akan menambah pengangguran tetapi sebaliknya mereka akan mengurangi para pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja baru di Kota Makassar.

“Saya berharap jika orang tua calon Mahasiswa baru ITB Kalla melihat Prospek ITB Kalla Institut Teknologi dan Bisnis dengan jurusan-jurusan milenial yang kita tawarkan itu semua tidak lazim seperti Bisnis Digital, Kewirausahaan, Manejamen Retail. Itu adalah semuanya jurusan baru yang diprediksi menjadi jurusan pilihan yang menjadi profesi di masa depan”, pungkasnya. (Hd)

Comment