by

Lutra Punya Bupati Perempuan Pertama di Sulsel, Tapi Sayangnya IDG dan Persentase Perempuan Ijasah S1 Terendah di Sulsel

Ilustrasi sarjana

Smartcitymakassar.com – Lutra. Diketahui, Indah Putri Indriani merupakan Bupati pertama perempuan di Sulsel periode 2015-2020. Bahkan Indah kembali memimpin Kabupaten Luwu Utara untuk periode keduanya dan telah dilantik sekitar awal tahun 2021 lalu.

Namun sayangnya, berdasarkan data BPS, Persentase Penduduk Berumur 15 Tahun ke Atas Menurut Kabupaten/Kota, Ijazah/STTB Tertinggi yang Dimiliki dan Jenis Kelamin, 2020, persentase perempuan di Lutra yang memiliki ijasah tertinggi S1/S2 dan S3 terendah di Sulsel atau hanya diangka 5, 85%.

‘FooterBanner’


Berikut datanya yang diolah dari tabel BPS:

Sebagai unformasi, tak hanya itu, berdasarkan data BPS, Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Luwu Utara terendah di Sulsel.

BACA JUGA:  Warga Menyumbang Karena Salah Satu SDN Disegel, Di Mana Pemda Luwu Utara?

Adapun Indeks Pemberdayaan Gender (IDG)

menunjukkan apakah perempuan dapat memainkan peranan aktif dalam kehidupan ekonomi dan politik. IDG menitikberatkan pada partisipasi, dengan cara mengukur ketimpangan gender di bidang ekonomi, partisipasi politik, dan pengambilan keputusan.

Selain itu Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Lutra empat tahun masih terendah kelima dan keenam di Sulsel.

Adapun IPG mengukur pencapaian dimensi dan variabel yang sama seperti IPM, tetapi mengungkapkan ketidakadilan pencapaian laki-laki dan perempuan. IPG merupakan

rasio IPM perempuan dengan laki-laki. Semakin mendekati angka 100, maka semakin kecil ketimpangan yang terjadi antara perempuan dengan laki-laki. (Ip)

Comment