by

Tim Verifikasi ODF Akan Buktikan Lutra Bebas BAB Sembarangan, Ini Data BPS Soal Fasilitas Jamban

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani

Smartcitymakassar.com – Lutra. Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyambut kedatangan tim verifikasi kabupaten open defecation free (ODF) dalam rangka memastikan kategori Luwu Utara sebagai kabupaten bebas ODF atau bebas BAB sembarangan di ruang kerjanya, Senin (7/6/2021).

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten ODF Kasri menyampaikan, dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan melakukan kunjungan ke beberapa wilayah untuk memastikan apakah Luwu Utara sudah masuk dalam kategori kabupaten ODF.

‘FooterBanner’


“Kami akan melakukan kunjungan langsung dengan mengambil sampel tiga klaster, yaitu klaster daerah pinggir sungai, daerah pantai dan dataran tinggi. Hal ini untuk membuktikan bahwa masyarakat Luwu Utara tidak ada lagi BAB di sembarang tempat,” katanya.

BACA JUGA:  Masamba Update Salurkan Bantuan untuk Warga yang Terdampak Banjir

“BAB sembarangan akan sangat berisiko pada pencemaran lingkungan, dan tentunya akan berdampak pada pola hidup sehat masyarakat,” ucap Kasri.

Maka dari itu, lanjut Kasri, perlu dilakukan verifikasi guna memastikan dan menyatakan status ODF suatu komunitas masyarakat secara kolektif terbebas dari perilaku BAB sembarangan.

Sementara itu, berdasarkan data BPS, pada tahun 2020 Lutra sendiri tertinggi kelima di Sulsel dalam kategori rumah tangga tidak ada jamban atau diangka 10,14%.

Sementara kategori tidak menggunakan jamban, Lutra tertinggi ketujuh di Sulsel atau 0,34%.

Berikut tabelnya:

Comment