by

Bekerjasama dengan KPU Sulsel, KPU Kota Makassar Gelar Webinar, Ini Tujuannya

poto : Komisioner KPU Kota Makassar divisi Parmas, SDM, Endang Sari (baju merah) saat memandu Webinar Nasional.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Upaya penyelenggara dalam menghasilkan Pemilihan Umum (Pemilu) yang sukses, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar bekerjasama dengan KPU Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Webinar Nasional dengan tema ‘Digitalisasi Pemilu 2024’ yang dilakukan pada hari Sabtu (5/6/2021), kemarin pagi.

Webinar yang dipandu oleh Komisioner KPU Kota Makassar divisi Sosdikloh, Parmas dan SDM, Endang Sari turut dihadiri hampir seluruh KPU se-Indonesia.

‘FooterBanner’


Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh akademisi dari berbagai kampus, serta aktivis penggiat Pemilu dan masyarakat umum.

Bahkan, dalam Webinar ini turut hadir narasumber diantaranya, Ketua komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Titi Anggraini, penggiat Pemilu dan pembina perludem.

Hadar Nafis Gumay Anggota KPU RI 2012-2017/Netgrit, Viryan Azis, Anggota KPU RI divisi Data dan Informasi, dan juga pemantik diskusi yaitu Uslimin, Komisioner Div. Data KPU Sulsel dan Romy Harminto, Komisioner Divisi Data KPU Kota Makassar.

BACA JUGA:  Ajang Temu Alumi IKATEK Unhas, EMU 2020-2021 Sukses Digelar

“Pembahasan terkait Digitalisasi Pemilu 2024 ini mengemuka dan dianggap sebagai sebuah hal yang harus diwujudkan dalam rangka menghadirkan pemilihan yang efisien, efektif, cepat, sederhana, murah dan terpercaya”, tutur Endang Sari.

Berikut beberapa hal penting yang mewarnai pertanyaan dalam diskusi ini antara lain :

1. Bagaimana jaminan keamanan data ketika digitalisasi diterapkan

2. Bagaimana dengan kendala yang dihadiri di daerah-daerah yang masih terkendala sinyal

3. Aplikasi yang ada harus diakui keberadaannya lewat pengakuan secara administrasi terbaca dalam regulasi mengenai pemilu.

4. Aplikasi yang digunakan harus dapat di audit, disertifikasi dan lain-lain.

5. Dan yang paling penting, bagaimana, digitalisasi yang digunakan mendapatkan kepercayaan publik.(*As)

‘PostBanner’

Comment