by

Hadir Disidang Lanjutan Agung Sucipto, Ini Kesaksian Andi Sudirman Sulaiman

Andi Sudirman Sulaiman

Smartcitymakassar.com – Makassar. Hari ini, Kamis (3/6/2021) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, sidang lanjutan terdakwa Agung Sucipto selaku penyuap Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah kembali digelar. Sidang sebelumnya diketahui pada Kamis (27/5/2021) yang juga bertempat di Ruang Sidang Utama, Prof Harifin A Tumpa, Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Pada sidang hari ini, diagendakan mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum KPK. Adapun saksi ada lima yakni Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Dinas PU Pemerintah Provinsi Sulsel, Rudy Djamaluddin, mantan Kabid Bina Marga Dinas PUTR Edy Jaya Putra, mantan Adc Gubernur Sulsel nonaktif Muhammad Salman Natsir dan Syamsul Bahri.

‘FooterBanner’


Perkembangan terkini pimpinan sidang dipimpin oleh Hakin Ketua Ibrahim Palino, didampingi dua Hakim Anggota, yaitu M. Yusuf Karim, dan Arif Agus Nindito, hakim ketua mengatakan tidak ada bukti kuat yang bisa disampaikan oleh Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan jika dibandingkan keempat saksi, Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Andi Sudirman hanya 7 lembar, sementara saksi lainnya yang berjumlah puluhan lembar.

Diketahui, saat diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, yang beranggotakan tiga orang yaitu, M Asri Irwan, Siswandono, dan Tri Handayani, Andi Sudirman mengakui jika tidak mengenal apalagi pernah bertemu langsung dengan Agung Sucipto.

BACA JUGA:  Ada Mahar Irigasi Sinjai, Terungkap Dipersidangan Anggu Juga Jadi Broker Proyek

“Saya tidak kenal, baru tahu setelah ada kasus ini,” kata Andi Sudirman.

Saat JPU Asri menyebutkan sejumlah nama kontraktor, seperti Robert, Haeruddin, Ferry Tenriadi, dan Hj Momo, Andi Sudirman menegaskan jika tidak pernah mengenal nama -nama tersebut.

“Selama ini saya kerja di perusahaan asing di Jakarta, jadi baru-baru ini saya di Makassar. Olehnya saya tidak kenal banyak orang disini,” jelas Andi Sudirman.

Terkait proyek yang dikerjakan Pemprov Sulsel seperti Pengerjaan Proyek Jalan Wisata Bira Kabupaten Bulukumba, dan pembangunan Jalan Ruas Palampang – Munte – Bontolempangan, Andi Sudirman juga mengaku tidak tahu.

“Tahu setelah ada kunjungan gubernur yang naik di media. Saya tidak tahu karena tidak diundang saat diresmikan (pengerjaan jalan wisata bira-red),” jelasnya.

Andi Sudirman kemudian menjelaskan jika di Sulsel ruas jalan provinsi sekitar 2000 kilometer.

“Kita memiliki ruas 2000 kilo meter, dan sebagai orang yang baru masuk ke pemerintahan saya belum hafal semua,” pungkas Andi Sudirman. (Ip)

‘PostBanner’

Comment