by

1.064 Jiwa di Empat Dusun di Lutra Terendam Banjir, Ini Kata Plt Gubernur Sulsel

1.064 Jiwa di Empat Dusun di Lutra Terendam Banjir, Ini Kata Plt Gubernur Sulsel

Smartcitymakassar.com – Lutra. Banjir kembali terjadi di Luwu Utara (Lutra) Sulsel sejak 16 Mei 2021. Tercatat 322 rumah yang dihuni 1.064 jiwa di empat dusun, Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, terendam banjir dengan ketinggian 40-100 sentimeter.

Adapun banjir ini juga terdampak pada lahan pertanian, sawah, rumah ibadah, kantor desa, dan sekolah.

‘FooterBanner’


Adapun empat dusun yang terdampak yakni Kaluku Bulawan, Dadeko, Bala Kajang, dan Suka Makmur.

Menanggapinya, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan banjir terjadi akibat tingginya curah hujan sehingga debit air Sungai Rongkong meningkat. Ia juga menjelaskan terjadinya pendangkalan sungai pasca banjir bandang.

Olehnya, Plt Gubernur mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan berupa beras beserta paket sembako siaga darurat yang berisi bahan makanan beserta sarung, selimut dan popok bayi.

BACA JUGA:  Cegah Monopoli Harga dan Barang, Pemkot Makassar Berencana Gunakan “Tettere”

“Alhamdulillah, Tim BPBD Provinsi hari ini menyalurkan bantuan untuk saudara kita terdampak banjir,” kata Andi Sudirman, kepada wartawan, Rabu, (19 /5/2021).

“Kita juga terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten Lutra untuk memastikan kebutuhan pascabanjir di sana,” sambung Andi Sudirman.

Selanjutnya, Andi Sudirman berharap banjir bisa segera surut. Serta mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca saat ini yang memasuki musim penghujan di beberapa wilayah.

Sebagai informasi, sebelumnya BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini curah hujan tinggi di sejumlah daerah di Sulsel. (Ip)

‘PostBanner’

Comment