by

Palestina Kecewa dengan Kelambanan PBB Tanggapi Konflik Timur Tengah

Riyad Mansour

Smartcitymakassar.com – Duta Besar Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan kelambanan Dewan Keamanan PBB menelan korban jiwa.

“Tidak ada pihak yang berhasil membuat Israel mematuhi seruan global untuk mengakhiri agresi ini,” kata Riyad Mansour kepada sejumlah wartawan, hari Selasa (18/5). “Apa gunanya PBB jika tidak segera datang dan membantu?.”

‘FooterBanner’


Dalam sesi darurat hari Minggu (16/5), beberapa anggota Dewan Keamanan mendesak penghentian segera kekerasan dalam konflik Israel-Gaza sekaligus menegaskan dukungan mereka terhadap solusi dua negara di wilayah tersebut.

Pernyataan ketiganya diblokir Amerika Serikat, yang menurut para diplomat khawatir, hal itu dapat mengganggu upaya diplomatik untuk menghentikan kekerasan.

“Kita lihat saja hasil dari upaya mereka,” kata Mansour yang menegaskan akan terus mencari solusi diplomatik untuk mengakhiri perang tersebut.

BACA JUGA:  Soal Electoral College dan Peluang Presiden dari Luar Pulau Jawa Tebuka Lebar

“Kami tidak akan mengambil langkah yang tidak sejalan dengan kepentingan rakyat Palestina sepenuhnya dan seluruh komponen struktur politik Palestina di PBB,” tambahnya.

Pengarahan hari Selasa itu datang ketika pertempuran berkecamuk. Sebuah roket yang diluncurkan dari Gaza menewaskan dua pekerja Thailand di selatan Israel hari Selasa, kata polisi, beberapa jam setelah serangan udara Israel merubuhkan gedung enam lantai di wilayah Palestina yang menampung toko-toko buku dan beberapa pusat pendidikan. (VOA)

Comment